Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal 3 Srikandi Pasar Modal di MNC Sekuritas

Sudah tidak aneh lagi bahwa pasar modal Indonesia identik dengan kaum adam. Meskipun demikian, dunia pasar modal tidak selalu harus dikaitkan dengan pria.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 21 April 2021  |  21:50 WIB
Manajemen MNC Sekuritas saat ini dinakhodai oleh tiga wanita yang duduk di jajaran direksi, Susy Meilina, Fifi Virgantria, dan Marlina.  - Bisnis.com/Janlika
Manajemen MNC Sekuritas saat ini dinakhodai oleh tiga wanita yang duduk di jajaran direksi, Susy Meilina, Fifi Virgantria, dan Marlina. - Bisnis.com/Janlika

Bisnis.com, JAKARTA – Sudah tidak aneh lagi bahwa pasar modal Indonesia identik dengan kaum adam. Meskipun demikian, dunia pasar modal tidak selalu harus dikaitkan dengan pria.

Menurut data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), investor pasar modal Indonesia berjumlah lebih dari 4,8 juta per Maret 2021.

Sebanyak 61 persen di antaranya merupakan investor laki-laki, dengan total aset investasi mencapai Rp567 triliun. Sementara itu, 39 persen ditempatkan oleh sejumlah investor perempuan dengan total aset investasi mencapai Rp206 triliun.

Di MNC Sekuritas, lebih dari 50 persen investor merupakan laki-laki. Meskipun demikian, dunia pasar modal tidak selalu harus dikaitkan dengan pria karena para pemimpin di level manajemen di MNC Sekuritas justru berasal dari kaum hawa.

Bertepatan dengan momentum Hari Kartini, fenomena sepak terjang srikandi-srikandi pasar modal yang menjadi sosok di balik MNC Sekuritas selalu menarik untuk di ulas.

Manajemen MNC Sekuritas saat ini dinakhodai oleh tiga wanita yang duduk di jajaran Direksi. Mereka adalah Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina, Direktur IT & Online Trading MNC Sekuritas Fifi Virgantria dan Direktur Keuangan & Operasional MNC Sekuritas Marlina.

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina bercerita, dirinya jatuh cinta dengan dunia pasar modal sejak 1993.

Susy berpengalaman hampir 28 tahun di pasar modal Indonesia dan 21 tahun di level Direksi, baik di institusi asing maupun lokal sebelum berlabuh di MNC Sekuritas pada 2010.

Susy juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia tahun 2014-2017 Indonesia dan aktif di berbagai komite di SRO mulai tahun 2006.

Selain turun langsung ke pelosok Indonesia untuk edukasi Pasar Modal, Susy juga aktif sebagai pembicara di forum nasional dan internasional.

Sementara itu, sosok Srikandi kedua adalah Direktur IT & Online Trading MNC Sekuritas, Fifi Virgantria. Wanita tersebut membuktikan bahwa dirinya mampu memimpin dan berkarier di bidang IT dan pasar modal, bidang yang notabene didominasi laki-laki.

Selama 20 tahun terakhir, perjalanan karir Fifi banyak dihabiskan di bidang teknologi informasi khususnya sektor keuangan.

Selain menjadi Direktur IT & Online Trading MNC Sekuritas, Fifi juga menjabat sebagai Anggota Komite Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko PT Bursa Efek Indonesia dan Sekjen Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia.


Sebelumnya, Fifi juga pernah menjabat sebagai Anggota Komite Anggaran dan Anggota Komite Usaha PT Kustodian Sentral Efek Indonesia.

Lalu yang ketiga adalah Direktur Keuangan & Operasional MNC Sekuritas yaitu Marlina. Sosoknya telah melanglang buana selama 21 tahun di industri pasar modal. Kecintaannya dalam mengelola operasional perusahaan telah berhasil membawa Marlina ke posisi sekarang di PT MNC Sekuritas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sekuritas mnc securities hari kartini
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top