Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Pebisnis Jepang Ini Tetap Kaya Raya Meski Covid-19

Pandemi virus corona tidak serta merta membuat kondisi ekonomi pebisnis surut. Ada tiga pengusaha Jepang yang makin kaya.
Tadashi Yanai/Bloomberg
Tadashi Yanai/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA --Meskipun perekonomian dunia sedang dilanda hantaman krisis karena virus corona atau Covid-19.

Ada tiga orang  di Jepang ini tetap kaya raya dan memiliki harta yang melimpah. Mereka juga memperoleh kekayaan dengan cara yang sangat berbeda. Siapa saja mereka?

Melansir dari celebritynetworth, Kamis (13/5/2021) berikut adalah ketiganya:

1. Takemitsu Takizaki (US$32 miliar/ Rp374 triliun)

Takemitsu Takizaki adalah pendiri Keyence, sebuah perusahaan yang menciptakan sensor, pembaca kode batang, sistem penglihatan, mikroskop digital, dan komponen elektronik lainnya untuk sistem otomasi pabrik.

Keyence hanya mengkhususkan diri dalam perencanaan dan pengembangan produk dan tidak memproduksi produk akhir.

Takizaki mendirikan perusahaan pada tahun 1974 dan sejak itu, Keyence telah mengembangkan dan membangun sejumlah besar paten teknologi dari investasinya yang besar dalam R&D. Produk Keyence digunakan oleh Toyota dan Toshiba. Takemitsu Takizaki memiliki 26 saham saham perusahaan.

Takemitsu Takizaki pendiri Keyence
Takemitsu Takizaki pendiri Keyence

2. Masayoshi Son (US$34,9 miliar/Rp644 triliun)

Saat ini, Masayoshi Son dikenal sebagai pendiri dan CEO SoftBank Capital.

Son juga merupakan CEO SoftBank Mobile. Dia lulus dari Berkeley dengan gelar BA di bidang ekonomi pada tahun 1980. Satu tahun setelah lulus, dia membentuk perusahaan telekomunikasi dan Internet Jepang SoftBank.

Perusahaan yang berbasis di Tokyo ini memiliki profil perusahaan yang mencakup berbagai perusahaan lain seperti perusahaan broadband Jepang SoftBank BB, perusahaan pusat data IDC Frontier, perusahaan game GungHo Online Entertainment, dan perusahaan penerbitan SoftBank Creative.

SoftBank juga memiliki berbagai kemitraan di anak perusahaan Jepang seperti Yahoo !, E-Trade, Ustream.tv, EF Education First, dan Morningstar.

Masayoshi Son
Masayoshi Son

3. Tadashi Yanai (US$48,7 miliar/Rp609 triliun)

Pendiri Uniqlo Tadashi Yanai adalah orang terkaya di Jepang. Dia memulai tiga dekade lalu dengan satu toko kaos bobrok yang dia warisi dengan enggan dari ayahnya. Yanai punya rencana untuk mencoba sendiri di toko.

Satu toko tidak cukup, dia ingin membangun sebuah kerajaan. Saat itu awal 1980-an dan Tadashi sangat mengagumi karya pakar manajemen Amerika Peter Drucker yang filosofinya bisnisnya mengatakan bahwa uang dan moralitas tidak perlu saling eksklusif.

Yanai dapat membangun kerajaannya dan menjadi orang yang sangat kaya tanpa merusak jiwanya. Dari ajaran Drucker, Yanai belajar bahwa yang terbaik adalah memikirkan dulu apa yang diinginkan pelanggan, daripada apa yang ingin dijual oleh perusahaan atau pemilik.

Oleh karena itu, dia dengan cepat menambahkan pakaian wanita ke toko pakaian pria dan mengganti merek seluruh operasi pada tahun 1984 menjadi Gudang Pakaian Unik yang kemudian disingkat menjadi Uniqlo.

Dia juga segera mulai berekspansi ke pinggiran kota. Pada akhir 1980-an, Yanai mulai belajar dan dengan sempurna meniru semua yang dilakukan The Gap. Uniqlo meniru model bisnis The Gap yang memproduksi dan secara eksklusif menjual semua pakaiannya sendiri.

Meniru The Gap terbukti menjadi strategi sukses besar-besaran bagi Uniqlo dan perusahaan induknya Fast Retailing. Pada tahun 1993, Tadashi membuat langkah yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya bagi sebuah perusahaan Jepang. Dia mengalihkan semua produksinya ke China. Ini memungkinkan dia untuk memotong biaya pakaian yang dia jual dan selanjutnya meningkatkan keuntungan.

Selama kemerosotan ekonomi pada tahun 2008 dan 2009, Yanai melakukan akuisisi. Dia membeli Theory dan Helmut Lang, keduanya desainer kelas atas untuk komponen lemari pakaian dasar. Semua akuisisi berada di bawah payung perusahaan Fast Retailing, di mana Uniqlo masih menjadi aset terbesarnya.

Tadashi Yanai
Tadashi Yanai

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper