Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Beda antara Solopreneur dan Pengusaha yang Bekerja Sendiri

Dalam industri usaha profesi solopreneur dan enterterpreneur seringkali disebut sebagai satu kesatuan. Namun sebenarnya itu adalah dua hal yang berbeda.
Perbedaan antara seorang solopreneur dan wirausahawan mungkin sulit dilihat, terutama karena begitu banyak wirausahawan mulai bekerja sendiri. /entrepreneur
Perbedaan antara seorang solopreneur dan wirausahawan mungkin sulit dilihat, terutama karena begitu banyak wirausahawan mulai bekerja sendiri. /entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam industri usaha profesi solopreneur dan enterterpreneur seringkali disebut sebagai satu kesatuan. Namun sebenarnya itu adalah dua hal yang berbeda.

Solopreneur menjadi ramai sejak beberapa tahun terakhir. Sedangkan entrepreneur atau pengusaha sudah populer sejak lampau.

Perbedaan yang mencolok adalah, solopreneur adalah pelaku bisnis memilih untuk memulai usaha tanpa niat untuk menambah staf.

Sekilas, solopreneur dan wirausahawan seperti sama karena beberapa wirausahawan bekerja sendiri hingga mereka dapat membangun bisnis yang cukup untuk membentuk tim.

Melansir dari entrepreneur, Sabtu (22/5/2021) berikut adalah perbedaan solopreneurship dan wirausaha :

1. Solopreneur tidak menunggu pembelian

Seorang pengusaha bekerja keras untuk membangun bisnisnya, tetapi mereka tidak terlalu terikat pada konsep sebagai seorang solopreneur.

Wirausahawan membangun bisnis mereka dengan harapan kecil bahwa perusahaan yang jauh lebih besar, seperti Google, akan datang dan menawarkan jutaan dolar. Dengan begitu perusahaan itu akan tumbuh, sehingga dapat dengan mudah melanjutkan ke usaha besar berikutnya.

Namun, perbedaan besar antara keduanya mungkin terjadi ketika seorang wirausahawan dapat menjalankan berbagai bisnis selama karirnya. Sementara itu, seorang solopreneur cenderung mengerjakan satu hal secara konsisten.

2. Pengusaha menaruh wajah pada sebuah perusahaan.

Bila seorang solopreneur cenderung menghabiskan berjam-jam bekerja keras untuk membangun bisnisnya, seorang wirausahawan sering kali lebih suka keluar untuk membuat koneksi dan menyebarkan berita tentang bisnisnya.

Seorang wirausahawan mungkin sangat senang melakukan itu sendirian dan meninggalkan timnya untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Satu perbedaan utama adalah bahwa seorang wirausahawan mungkin lebih nyaman menghabiskan sepanjang hari di berbagai peluang jaringan dan pertemuan klien, sementara seorang solopreneur puas hanya dengan melakukan pekerjaannya.

3. Pengusaha adalah manajer

Ketika seseorang berjiwa pengusaha akan menunggu dapat membangun timnya. Bahkan mungkin mulai bekerja dengan pekerja lepas dan asisten virtual untuk mendelegasikan pekerjaannya.

Entrepreneur merasa nyaman memimpin tim ke arah tujuan yang ditentukan. Di sisi lain, solopreneur tidak terburu-buru mempekerjakan seorang karyawan untuk dikelola.

Bahkan jika saatnya tiba ketika mereka harus melakukan outsourcing pekerjaan atau membawa anggota tim, seorang solopreneur mungkin mendapati dirinya ikut serta dan melakukan sebagian besar pekerjaan itu sendiri.

Solopreneur bahkan kesulitan melepaskan tugas, itu karena dia hanya ingin terjun dan bekerja keras untuk mengembangkan bisnisnya.

5. Solopreneur adalah pekerja seorang

Pada dasarnya solopreneur seorang pekerja. Jika suatu tugas perlu diselesaikan, pikiran pertamanya adalah menyingsingkan lengan baju dan mulai bekerja. Untuk alasan ini, generasi baru pekerja lepas dan pemilik tunggal telah muncul. Solopreneur hadir dengan konten profesional untuk menjalankan toko tanpa niat untuk mengajak orang lain.

Sebaliknya, pengusaha tidak mengalami kesulitan mendelegasikan, bahkan jika mereka harus menunda proses tersebut sampai mereka memiliki cukup uang untuk menambah pekerja.

Pengusaha menyadari semakin cepat mereka dapat mendelegasikan tugas seperti penagihan, pengembangan web, dan manajemen basis data, semakin cepat mereka dapat fokus pada membangun dan mengembangkan bisnis mereka.

Perbedaan antara seorang solopreneur dan wirausahawan mungkin sulit dilihat, terutama karena begitu banyak wirausahawan mulai bekerja sendiri.

Namun pola pikir seorang solopreneur dan wirausahawan sedikit berbeda. Dengan mencatat perbedaan tersebut dapat membantu para profesional menentukan arah jangka panjang yang akan mereka ambil dengan bisnis mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper