Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalahkan Elon Musk, Begini Cara Miliarder India Gautam Adani Nikmati Kekayaannya

Miliarder India Gautam Adani yang disebut mengalahkan Mukesh Ambari memiliki cara yang unik menikmati kekayaannya.
Gautam Adani/istimewa
Gautam Adani/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Gautam Adani, pengusaha asal India ini sukses menggeser Zhong Shanshan dari China ke posisi ketiga orang terkaya di Asia. Ini membuatnya menempati urutan kedua orang terkaya di Asia.

Melansir SCMP, Rabu (2/6/2021), ia dilaporkan memiliki tiga jet pribadi, tiga helikopter dan mobil mewah termasuk BMW seri 7 Limousine, Rolls-Royce Ghost dan Ferrari California.

Gautam Adani telah menempuh perjalanan panjang. Kini, di pucuk pimpinan Grup Adani, yang terlibat dalam berbagai industri termasuk pembangkit listrik, minyak, real estat dan infrastruktur, Adani telah melampaui taipan air minum kemasan Zhong Shanshan untuk menjadi orang terkaya kedua di Asia.

Forbes melaporkan bahwa kekayaannya tumbuh menjadi US$66,2 miliar karena kenaikan pesat harga saham perusahaan-perusahaan di bawah Grup Adani. Bloomberg bahkan melaporkan bahwa Adani mengalahkan sesama miliarder Elon Musk untuk pertumbuhan kekayaan terbesar pada tahun 2021.

Jadi, bagaimana orang terkaya kedua di Asia menikmati pundi-pundi kekayaannya?

1. Rumah bernilai sekitar US$5,5 juta

Awal 2020, Adani mengakuisisi Aditya Estates dengan nilai yang dilaporkan sebesar 40 crore rupee atau sekitar US$5,5 juta. Properti, yang terletak di Lutyens 'Delhi, daerah perumahan paling mahal di New Delhi, mencakup 1,4 hektar (3,4 hektar) tanah dan termasuk sebuah bungalow seluas 25.000 kaki persegi.

Menurut GQ India, rumah tersebut memiliki tujuh kamar tidur, enam ruang tamu dan ruang makan, serta tanah 7.000 kaki persegi untuk tempat tinggal staf. Perkebunan ini juga mencakup taman yang luas, di mana Adani suka menghabiskan waktunya dengan berjalan-jalan santai.

2. Punya tiga jet pribadi dan tiga helikopter

Adani memiliki minat yang jelas dalam penerbangan. Pada tahun 2020, Grup Adani mengakuisisi saham pengendali sebesar 74 persen di Bandara Mumbai, menjadi pengembang bandara swasta terbesar di India.

Ketertarikan pada perjalanan udara ini terbukti dalam kehidupan pribadinya karena ia suka terbang dengan gaya, memiliki tiga pesawat pribadi: Bombardier Challenger 600 (senilai US$700.000-US$900.000, menurut evojets.com), Embraer Legacy 650 (senilai US$ $15-19 juta), dan Hawker 800 (senilai US$2 juta).

Tetapi miliarder dan keluarganya juga menghindari lalu lintas dengan tiga helikopternya. Pada tahun 2011, The Times of India menyatakan bahwa ia membeli sebuah helikopter 15-seater Augusta Westland AW139 senilai 12 crore rupee (sekarang US$1,65 juta).

3. Koleksi mobil mewah

Saat ia mulai bepergian dengan skuter Bajaj Super abu-abunya pada 1980-an, Adani dengan cepat belajar bepergian dengan gaya dan telah mengumpulkan koleksi mobil mewah yang patut ditiru. Ini termasuk limusin BMW Seri 7, Rolls-Royce Ghost dan Ferrari California merah, yang menurut orang-orang terdekatnya adalah favoritnya.

4. Aktif memberi untuk amal dan membantu orang yang membutuhkan

Pada tahun 1996, Adani ikut mendirikan Yayasan Adani bersama istrinya, Priti, yang menjabat sebagai ketua yayasan. Bersama-sama, mereka telah berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat di seluruh India dengan proyek-proyek di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur masyarakat, dan mata pencaharian yang berkelanjutan.

Pada tahun 2020, The Economic Times melaporkan bahwa Adani menyumbangkan 100 crore rupee (sekarang US$13,7 juta) ke PM Cares Fund untuk membantu memerangi Covid-19. Times of India juga melaporkan bahwa Grup Adani membantu mengatur empat tangki kriogenik ISO dengan 80 ton oksigen cair dan 5.000 tabung oksigen kelas medis dari Arab Saudi untuk membantu mereka yang terkena virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper