Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Cara Menumbuhkan Kreatifitas Bisnis Ala DJ Overwerk

Faktanya, kreativitas sebenarnya membantu setiap aspek bisnis, jadi itu adalah sesuatu yang perlu dipupuk dan dipertahankan.
Tips bisnis pengusaha/istimewa
Tips bisnis pengusaha/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi wirausaha di era serba modern ini, kreativitas adalah unsur yang paling penting di dalamnya.

Namun terkadang kreativitas dapat teralihkan oleh proses bisnis, sehingga perannya sering di kesampingkan.

Faktanya, kreativitas sebenarnya membantu setiap aspek bisnis, jadi itu adalah sesuatu yang perlu dipupuk dan dipertahankan.

Melansir dari Forbes, Rabu (2/6/2021) Edmond Huszar atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya Overwerk sebagai DJ, produser, dan pemenang penghargaan Grammy itu mengatakan kreativitas adalah inti dari semua yang dia lakukan mulai dari menciptakan musik hingga mengelola bisnisnya.

Berikut Inilah adalah tips dari Overwerk hidupkan kreatifitas untuk berbisnis:

1. Berlatih mendongeng

Bercerita adalah alat kreatif terbaik, cara ampuh untuk menarik perhatian seseorang dan terhubung dengan mereka.
“Sangat penting untuk mencoba dan terhubung dengan apa yang Anda keluarkan di dunia dan memikirkan dampaknya. Hubungkan dengan keaslian cerita yang Anda coba ceritakan,” saran Overwerk.

Saat membuat konten, pikirkan tentang bagaimana perasaan Anda saat membuatnya, dan bagaimana perasaan orang lain saat mereka mengalaminya.

2. Dekati sesuatu dari rasa ingin tahu

Anda tidak bisa membiarkan stres menjadi faktor pendorong dalam keputusan yang di buat. Baik secara kreatif maupun dari sudut pandang bisnis, stres akan selalu memilih kemenangan tercepat dan keuntungan jangka pendek. Bahkan jika itu bukan hal yang akan membantu Anda dalam jangka panjang.

3. Pilih jalan yang ingin Anda ambil

Huszar menggunakan analogi yang bagus untuk tips ini sebagai peselancar dan ombak.
Peselancar duduk di laut di papan selancar mereka, tetapi mereka tidak menaiki setiap gelombang yang datang. Mereka memilih ombak mana yang akan dinaiki.

Jika Anda baru saja tersapu di lautan, dan hanya terlempar ke arus bawah, maka Anda tidak benar-benar mengendarai ombak, Anda hanya terperangkap di dalamnya.

Jangan terjebak oleh gelombang bisnis Anda, pilih mana yang akan dikendarai dan mana yang akan dihempaskan kembali ke laut.

4. Atur lingkungan untuk menumbuhkan kreativitas

Ruang tempat bekerja harus diisi dengan hal-hal yang membuat suasana hati baik. Dengan begitu akan memberi perasaan atau ketenangan dalam meningkatkan energi Anda.

Tidak masalah apakah ruang kerja berupa bilik, meja dapur, atau kantor yang lengkap dengan hal-hal yang menumbuhkan kreativitas.

Jika ruang Anda kurang ideal, coba tambahkan tanaman dan gambar.

Gunakan hiasan warna untuk membentuk suasana hati Anda. Warna-warna berani dan cerah dapat meningkatkan energi. Lalu warna biru dan hijau yang menenangkan dapat membangkitkan rasa tenang.

5. Mengubah tantangan menjadi peluang

Dari setiap tantangan datanglah sebuah kesempatan. Berpikir kreatif akan membantu belajar dari tantangan yang dihadapi.
Saat Anda menghadapi rintangan, pikirkan cara untuk mengatasinya, mengubahnya, atau menggunakannya untuk keuntungan Anda. Dengan sedikit kreativitas, Anda akan dapat menemukan solusi.

Ini adalah prinsip yang telah diikuti Huszar sepanjang karirnya dan itu sangat membantunya. “Semua tantangan yang saya alami di masa lalu, berurusan dengan hal-hal itu, membawa saya ke keadaan pikiran di mana saya tidak terlalu terpengaruh, atau idak peduli seberapa besar rintangannya. Sekarang lebih seperti, oke, ini adalah tangan yang telah saya tangani dan harus memecahkan bagaimana saya akan menanganinya,” tambah DJ asal Kanada tersebut.

6. Luangkan waktu

Kreativitas akan hilang pada saat kewalahan. Untuk mencegah hal ini, Anda perlu mengambil pendekatan secara sadar.
Cobalah untuk menguraikan pikiran Anda satu-persatu. Jika menyatukan semua pikiran, otak akan menjadi kacau balau.

Tetapi jika Anda benar-benar dapat mengurai setiap pengalaman, dan mencoba dan berada di setiap momen sebanyak yang Anda bisa, itu memungkinkan setiap momen untuk bernafas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper