Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Digitalisasi UMKM melalui Pembayaran Digital

Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai tatanan hidup masyarakat, termasuk dalam bertransaksi yang saat ini lebih banyak memanfaatkan transaksi digital nirsentuh dan QRIS.
QRIS Bank Nobu/Istimewa
QRIS Bank Nobu/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai tatanan hidup masyarakat, termasuk dalam bertransaksi yang saat ini lebih banyak memanfaatkan transaksi digital nirsentuh dan QRIS.

Tak heran bila makin banyak pelaku usaha yang secara bertahap mulai menyediakan QRIS di setiap gerai atau tokonya sebagai alternatif pembayaran digital bagi pelanggan.

Kondisi ini juga ditangkap oleh pihak perbankan selaku penyedia QRIS untuk menggaet lebih banyak merchant untuk mengembangkan transaksi digital secara berkelanjutan sekaligus mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif.

Salah satu bank yang cukup gencar dan konsisten dalam mendorong penggunaan transaksi digital QRIS secara masif di masyarakat dan pelaku usaha ialah Nubo Bank.

Suhaimin Djohan, Direktur Utama Nobu Bank, mengatakan pihaknya akan terus secara konsisten memperluas basis merchant ke berbagai sektor ekonomi dan pelaku usaha seperti usaha kuliner, logistik, sembako, farmasi, swalayan lokal, hingga toko elektronik, sekaligus mendukung digitalisasi UMKM di Indonesia.

Diakui olehnya bahwa saat ini penggunaan transaksi digital makin diminati masyarakat, terbukti dengan adanya peningkatan transaksi digital QRIS Nobu Bank pada Mei yang melonjak lebih dari 40 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya, sementara total nilai transaksi juga mengalami kenaikan lebih dari 30 persen.

“Kami melihat tren peningkatan frekuensi transaksi digital QRIS dari bulan ke bulan, dan secara bertahap mulai mengarah pada target yang kami canangkan, yaitu 1 juta transaksi per bulan,” ujarnya.

Untuk itu pula, pihaknya terus mendorong peningkatakn jumlah merchant QRIS Nobu Bank termasuk para pelaku umkm sehingga dapat memaksimalkan penggunaan transaksi digital yang kini makin diminati masyarakat.

Saat ini, secara keseluruhan sudah ada sekitar 370 ribu mitra merchant QRIS Nubo Bank yang tersebar di seluruh Indonesia.  Pihaknya juga terus berupaya memperluas jaringan mitra merchant, dan mendukung sepenuhnya program 12 Juta Merchant yang dicanangkan Bank Indonesia. Nobu Bank menargetkan menjadi 5 Besar jaringan mitra merchant QRIS di Indonesia dalam 1 hingga 2 tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper