Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Empat Jurus Sukses Hasilkan Omzet Ratusan Juta dengan Modal Minimal

Rahasia dari suksesnya bisnis milik Tata tersebut tak terlepas dari teknik marketing yang dilakukan dirinya. Untuk itu ada beberapa teknik marketing yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha sehingga produknya dapat dipasarkan dengan baik.
Ilustrasi peluang bisnis
Ilustrasi peluang bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Saat mengembangkan usaha, selain memiliki produk yang bagus dan berkualitas, hal lain yang memegang peranan penting adalah proses marketing sehingga produk tersebut lebih dikenal masyarakat yang pada akhirnya dapat mendongkrak penjualan.

Salah satu pelaku usaha yang sukses memasarkan produknya melalui digital marketing adalah Meita Irianty, pemilik Sarian Skincare. Sejak resmi mengembangkan bisnisnya pada 2019 lalu melalui pemasaran lewat Instagram, hingga kini Sarian Skincare telah memiliki lebih dari 115 ribu followers.

Meita atau biasa dipanggil Tata mengatakan bisnis yang berbasis online miliknya juga telah bisa mengantongi omzet ratusan juta rupiah dengan setidaknya 10.000 produk terjual setiap harinya.

Rahasia dari suksesnya bisnis milik Tata tersebut tak terlepas dari teknik marketing yang diterapkannya. Untuk itu ada beberapa teknik marketing yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha sehingga produknya dapat dipasarkan dengan baik.

1. Menyediakan Bujet Marketing 10 Persen dari Omzet

Tata menyebutkan bahwa biaya marketing untuk bisnis online tidaklah besar karena hanya membutuhkan konten, foto hingga narasi soal produknya. Kemudian untuk memaksimalkan marketing, Tata mengambil budget 10 persen dari omset untuk melakukan promosi dan pemasaran selama sebulan.

"Caranya marketing maksimal di online kita ambil omset 10 persen yang kita gunakan untuk marketing sebulan ke depan," ujarnya.

2. Gunakan Biaya Marketing untuk Jasa Endorse

Biaya untuk marketing itu nantinya digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti membiayai koordinator influencer, di mana tugasnya mencarikan selebgram untuk mengiklankan produknya.

Dia mengatakan biaya untuk menggunakan jasa endorse untuk sekitar 20.000 ribu follower bisa memakan biaya Rp500 ribu dan berikan produk gratis untuk digunakan.

"Kita punya koordinator influencer untuk mencari selebgram yang katakanlah followers 20.000. kasih produk dan fee maksimal 500 ribu nanti all out impact-nya," katanya.

3. Siapkan Pasukan Reseller dan Distributor

Jurus marketing berikutnya adalah memaksimalkan penjualan. Seperti diketahui, Sarian Skincare tidak menjual produknya langsung kepada pembeli. Tata memiliki beberapa distributor dan reseller untuk menjual produknya. Maka dari itu untuk meningkatkan penjualan, ia memberikan bonus bagi distributor dan reseller yang mampu memenuhi target penjualan.

"Bagi distributor yang mencapai pembelian hingga Rp20 juta bakal diberikan 1 gram emas jadinya ini tambah semangat plus saya kasih potongan 5 persen. untuk reseller saya kasih minigold 0,5 gram. ini masuk budget marketing," ungkapnya.

4. Lakukan Personal Branding

Kemudian Tata juga mengatakan marketing yang juga bisa berhasil dengan menggunakan personal branding, ketika dirinya juga menggunakan produknya sendiri sehingga meningkatkan kepercayaan pembeli.

"Kemudian personal branding juga penting, sebab orang lebih percaya, pemiliknya pakai juga produk buatannya," katanya.

Tata mengatakan apabila proses pemasaran tidak optimal meningkatkan penjualan, maka setidaknya brand awareness di masyarakat sudah mulai tumbuh sehingga produk yang dijual dikenal banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper