Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Sukses Jualan di TikTok? Ini Dia Rahasianya

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan brand dan UMKM untuk sukses memasarkan bisnisnya melalui TikTok. Secara umum, pihaknya menganjurkan brand dan UKM untuk menunjukkan diri mereka secara autentik pada komunitas TikTok. Hal ini bisa diaplikasikan ke dalam beberapa poin penting:
Antarmuka aplikasi berbagi konten video TikTok
Antarmuka aplikasi berbagi konten video TikTok

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini tidak sedikit pelaku usaha mikro kecil dan menegah yang mulai memanfaatkan platform video pendek TikTok, untuk mencapai objektif bisnis mereka masing-masing, dengan cara yang unik dan dinamis.

Beberapa ada yang membuat konten sendiri, tetapi tidak sedikit juga yang berkolaborasi dengan pengguna atau kreator konten menggunakan tren-tren yang ada di aplikasi dalam format video singkat.

Pemilik brand dapat melakukan story telling tentang produk mereka menggunakan musik dan stiker dalam aplikasi, hingga meningkatkan trafik ke online store mereka dengan solusi bisnis dari TikTok, TikTok for Business.

Kategori bisnis dari brand dan UMKM yang sudah on board pun cukup beragam, mulai dari produk kecantikan, fesyen, kuliner, perabot rumah tangga, perangkat elektronik, jasa arsitektur, hingga jasa kursus teknologi.

Pandu TruhanditoNitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia mengatakan ada beberapa strategi yang bisa dilakukan brand dan UMKM untuk sukses memasarkan bisnisnya melalui TikTok. Secara umum, pihaknya menganjurkan brand dan UKM untuk menunjukkan diri mereka secara autentik pada komunitas TikTok. Hal ini bisa diaplikasikan ke dalam beberapa poin penting.

Pertama, Know your audience. Dalam hal ini brand atau pelaku UKM harus dapat mengenal siapa audience yang ingin dituju dengan demikian mereka bisa membuat konten yang tepat dan relate dengan audiens yang disasar, hingga penunjukan kreator konten yang tepat dan berpengaruh pada audiens.

Kedua, Relevancy yakni pelaku usaha atau brand harus memiliki topik yang tepat, menggunakan gaya bahasa yang sesuai sehingga hingga informasi yang disampaikan dapat bersinggungan dengan interest atau ketertarikan dari target audiens.

Ketiga, Creativity, ada beberapa creative tools di TikTok yang bisa dimanfaatkan untuk mengakomodasi kreativitas ini, seperti fitur duet, atau stiker dan filter. Dengan makin kreatifnya video yang dibuat tentu akan semakin membuat audiens lebih tertarik

Keempat, manfaatkan tren yang sedang berlangsung, seperti challenge, musik, hingga stiker yang sedang digemari. UMKM bisa mengikuti tren tersebut agar mudah diterima oleh calon pembeli.

Dua pelaku usaha ini telah membuktikan bahwa mereka dapat sukses mengembangkan bisnisnya melalui aplikasi video TikTok

1. Mad for Make Up

Bisnis produk make up dan skin care ini memanfaatkan editing tools yang ada di TikTok untuk menjangkau konsumen baru mereka dengan tren yang ada di TikTok. Misalnya musik dan filter yang sedang happening, fitur reply comment, hingga kolaborasi dengan kreator TikTok. “Dalam waktu yang cukup singkat, akun ini telah mendapat likes sebesar 1,3 M,” ujar Pandu TruhanditoNitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia.

2. Acome, brand aksesori gadget di Indonesia.

Mereka mencari cara untuk menaikkan traffic ke toko online-nya di marketplace pada masa HARBOLNAS 12.12. Memanfaatkan Iklan In-Feed TikTok, Acome membuat iklan bersama kreator TikTok. Toko online Acome memanfaatkan custom audience targeting untuk fokus kepada audiens seperti konsumen mereka sebelumnya.

Agar iklannya bisa stand out di 12.12, Acome menaikkan target bid per hari mereka sebesar 30%-50%. Hal ini membuat bid mereka kompetitif dan menghasilkan hasil yang baik. Kampanye iklan di TikTok berkontribusi terhadap lonjakan trafik ke toko online Acome di marketplace. Hasilnya, Acome termasuk salah satu top 5 brand untuk kategori audio di salah satu marketplace selama 12.12.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper