Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Kunci Bisnis Warung Tetap Cuan di Era Pandemi

Ada 4 kunci sukses agar bisnis warung Anda tetap cuan di masa pandemi.
Warung Pintar
Warung Pintar

Bisnis.com, JAKARTA—Covid-19 membawa pengaruh yang begitu signifikan pada seluruh sektor usaha. Pengusaha kecil seperti warung yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia juga ikut terpuruk.

Bahkan, banyak yang terpaksa gulung tikar karena tidak bisa bertahan.

CEO Warung Pintar Group, Agung Bezharie Hadinegoro mengatakan untuk pelaku usaha warung harus memiliki ekosistem yang kuat untuk bertahan di era pandemi.

"Sejak awal Covid-19 datang, warung di Indonesia banyak yang mengalami penurunan penjualan. Dan itu tidak bisa dibiarkan, maka harus ada transformasi yang dilakukan dari seluruh eksosistem warung terutama untuk berkembang secara digitalisasi," ujarnya secara virtual pada acara Launching Warung Pintar Group, Rabu (7/7/2021).

Berikut tips dari Agung agar bisnis warung raup untung di era pandemi:

1. Digitalisasi Penjualan

Bila sebelumnya warung hanya menunggu pembeli yang menjemput bola. Kini warung bisa memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan umpan. Pengusaha warung hanya perlu menggunakan marketplace atau e-commerce untuk menjual dagangannya secara online.

Atau manfaatkan pula media sosial untuk mempromosikan barang dagangan Anda. Pembeli hanya perlu menunggu di rumah dan Anda tinggal mengirimkan pesanan tersebut menggunakan bantuan kurir. Dengan cara ini pula meminimalisir aktivitas masyarakat untuk bertatap muka langsung.

2. Digitalisasi Distributor

Sejumlah brand berskala global telah mendigitalisasi sistem distribusinya lewat layanan ini, termasuk Coca Cola Europacific Partners dan Reckitt. Mereka menggunakan dashboard khusus yang bisa digunakan untuk memantau distribusi barang mereka secara live dan mendapatkan insight berbasis data yang bisa digunakan sebagai referensi dalam menentukan langkah bisnis yang strategis di channel tradisional. Warung Pintar Group sendiri menggunakan
Bizzy Connect untuk menghubungkan brand dan distributor langsung ke pemilik warung secara digital.

3. Digitalisasi pembayaran

Jika biasanya warung menggunakan sistem bayar langsung dimuka, kini warung juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman dengan memberikan digital pembayaran.

Pembeli yang akan berbelanja nantinya hanya perlu mengirimkan sejumlah dana secara virtual tanpa perlu datang ke warung. Oleh karena itu, pemilik warung harus punya akun pembayaran untuk menyediakan layanan tersebut.

4. Bekerjasama dengan kurir

Saat pembelian dilakukan dengan cara virtual, maka harus ada pihak yang mengantarkan barang pesanan kepada pembeli. Warung bisa bekerjasama dengan pihak ketiga seperti driver ojek online atau jasa kurir antar paket. Menjalani relasi dengan pihak lain justru akan saling membantu perekonomian Indonesia di tengah pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper