Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Orang Terkaya di Thailand dan Bisnisnya

Forbes merilis daftar 50 orang terkaya di Thailand tahun 2021 dengan tiga sektor utama yang mereka garap.
Chearavanont Brothers
Chearavanont Brothers

Bisnis.com, JAKARTA - Forbes merilis daftar orang terkaya di Thailand pada tahun ini.

Dari daftar Thailand’s 50 Richest, Chearavanont Brothers terunggul dengan kekayaan bersihnya yang senilai US$30.2 Miliar, kemudian diikuti oleh Chalerm Yoovidhya dan Charoen Sirivadhanabhakdi. Rata-rata sumber kekayaan mereka berasal dari makanan, minuman, dan energi terbarukan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar 10 orang terkaya menurut Forbes.

1. Chearavanont Brothers

Empat bersaudara ini memperoleh kekayaan dari Charoen Pokphand Group, yakni salah produsen pakan ternak dan ternak terbesar di dunia. Pada Maret 2020, CP Group berhasil membuat penawaran senilai US$10,6 miliar untuk mengakuisisi operasi Tesco di Thailand dan Malaysia. Kekayaan bersih dari empat saudara ini yakni sebanyak US$30.2 Miliar.

2. Chalerm Yoovidhya

Pendiri TCP Group dan Red Bull di Thailand, minuman ikonik yang menjual 7,9 miliar kaleng di 171 negara pada tahun 2020. Pada Desember 2020, Red Bull Thailand memenangkan pertarungan merek dagang yang telah dilakukan dengan Red Bull di China selama beberapa tahun. Untuk saat ini, kekayaan bersih dari Chalerm Yoovidhya yakni US$24.5 Miliar.

3. Charoen Sirivadhanabhakdi

Charoen Sirivadhanabhakdi memiliki kontrol atas Thai Beverage, pembuat bir terbesar di Thailand, yang terkenal dengan bir Chang-nya. Perusahaannya, Asset World, memiliki portofolio 18 hotel, menandatangani kesepakatan dengan Marriott International pada Oktober 2020 untuk empat hotel baru di Bangkok dan Pattaya. Kekayaan bersihnya saat ini yakni sebanyak US$12.7 Miliar.

4. Chirathivat family

Keluarga Chirathivat mengendalikan Central Group, yakni pengembang mal terbesar di Thailand. Pada Februari 2020, keluarga Chirathivat mendaftarkan ritel swasta mereka, Central Retail, dan mengumpulkan US$2,5 miliar dalam IPO terbesar di Thailand.

Central Retail memiliki lebih dari 2.115 toko yang mencakup makanan, mode, properti, dan bahan bangunan di seluruh Thailand. Situs e-commerce, JD Central, juga merupakan perusahaan patungan senilai US$560 juta, dengan JD.com China. Kekayaan keluarga Chirathivat yakni senilai US$11.6 Miliar.

5. Sarath Ratanavadi

Sarath Ratanavadi adalah CEO dari Gulf Energy Development, salah satu produsen listrik terbesar di Thailand. Pada April 2021, Sarath mengajukan tawaran $17 miliar untuk mengambil alih raksasa telekomunikasi InTouch Holdings dan unit nirkabelnya, Advanced Info Service (AIS). Kekayaan bersih dari Sarath yakni senilai US$8.9 Miliar.

6. Osathanugrah Family

Keluarga Osathanugrah memiliki Osotspa yang berusia 130 tahun, di antara perusahaan tertua di Thailand dan pembuat minuman energi M-150 yang populer. Kekayaan keluarga mendapat dorongan dari IPO Osotspa Oktober 2018 yang dijalankan oleh Petch Osathanugrah, cucu sang pendiri. Osotspa memiliki sekitar 55% pasar minuman energi Thailand. Kekayaan dari keluarga ini senilai US$3.5 Miliar.

7. Somphote Ahunai

Somphote Ahunai, memiliki perusahaan energi terbarukan Energy Absolute yang dimulai pada tahun 2006. Energy Absolute telah berkembang menjadi penyimpanan energi dengan proyek pabrik 50 gigawatt senilai US$3 Miliar untuk membuat baterai lithium-ion. Kini, kekayaan bersihnya telah mencapai US$3,3 Miliar.

8. Prasarttong-Osoth

Prasarttong-Osoth mendirikan Bangkok Dusit Medical Services, operator rumah sakit swasta terbesar di Thailand, pada tahun 1972. Bangkok Dusit memiliki kompleks perawatan kesehatan mewah senilai US$370 juta yang mencakup hotel Movenpick dengan 290 kamar. Kekayaan bersih yang dia miliki yakni sebanyak US$3,25 Miliar.

9. Prachak Tangkaravakoon

Prachak Tangkaravakoon, ketua dari TOA Paint, perusahaan cat terbesar di Thailand. TOA Paint memiliki tiga pabrik di Thailand, dan di Vietnam, Laos, Myanmar, Malaysia, Kamboja, hingga Indonesia. Perusahaan ini IPO pada tahun 2017, dan mengumpulkan US$360 juta untuk ekspansi. Kekayaan bersih yang dimiliki yakni senilai US$3,2 Miliar.

10. Chuchat Petaumpai & Daonapa Petampai

Mengembangkan perusahaan menjadi penyedia pinjaman sepeda motor terbesar di Thailand, dengan jumlah 5.000 cabang. Pelanggan perusahaan itu antara lain petani, buruh pabrik, dan pegawai negeri. Pasangan ini membawa perusahaan mereka ke publik pada tahun 2014 dan mengubah namanya menjadi Muangthai Capital pada tahun 2018. Kekayaan yang mereka miliki yakni senilai US$3 Miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper