Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resep dari Youtube, Pria Ini Sukses Jual Ribuan Loyang Brownies Perbulan

Selama Ramadan lalu pria kelahiran 1995 ini mengaku bisa menerima pesanan hingga ratusan loyang setiap harinya, meningkat tiga kali lipat dari bulan-bulan sebelumnya.
Brownies Fudgybro. /Instagram Fudgybro
Brownies Fudgybro. /Instagram Fudgybro

Bisnis.com, JAKARTA — Siapa yang tidak suka menikmati aneka camilan berbahan dasar olahan coklat. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut yang lumer di mulut membuat siapa pun tak sanggup untuk menolaknya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, coklat juga dipercaya bisa menimbulkan perasaan bahagia saat mencicipinya.

Tak heran bila penjualan produk olahan coklat kian meningkat dan memiliki peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Bahkan di masa pandemi ini ketika banyak orang menghabiskan waktu di rumah saja, coklat menjadi salah satu pilihan camilan favorit yang banyak dibeli.

Hal ini diakui oleh Rayendra Abiyasa Pramuraharjo pemilik bisnis kuliner brownies dengan merek dagang Fudgybro. Menurutnya, sejak awal pandemi Covid-19 yang terjadi pada Maret 2020 lalu, transaksi Fudgybro mengalami kenaikan hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

Bahkan, selama Ramadan lalu pria kelahiran 1995 ini mengaku bisa menerima pesanan hingga ratusan loyang setiap harinya meningkat tiga kali lipat dari bulan-bulan sebelumnya. “Penjualan tertinggi saat itu di bulan puasa tembus 4.200-an transaksi dalam sebulan. Kami harap masih ada puncak-puncak tinggi selanjutnya,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Abi ini sebetulnya tidak memiliki kemampuan di bidang kuliner. Semua bermula dari hobinya yang sering menonton video orang memasak dan review makanan di channel youtube. Hingga akhirnya dia tergerak berkreasi sendiri membuat brownis dengan berbekal resep yang ada di youtube.

“Waktu itu aku minta dibeliin oven seharga Rp500.000-an untuk mulai membuat brownis. Resepnya aku samain persis dengan yang di Youtube, karena aku sendiri memang nggak ada basic memasak. Hasilnya, lumer banget nggak bisa dimakan karena saat dipegang itu jatuh. Nah, aku coba improve rasio tepung dan sebagainya, ternyata berhasil,” ujarnya.


Resep dari Youtube, Pria Ini Sukses Jual Ribuan Loyang Brownies Perbulan

Brownies Fudgybro. /Instagram @fudgybro

Dia kemudian mengirimkan hasil kreasinya kepada teman-temannya secara gratis bahkan ada yang ongkos kirimnya pun dibayar langsung oleh Abi. Maksudnya, hanya ingin menunjukkan bahwa dirinya bisa membuat masakan yang enak.

Ternyata banyak di antara teman-temannya tersebut yang membagikan brownies tersebut melalui instagram story dan memuji cita rasa brownis buatan Abi. Hingga akhirnya, ada orang di luar lingkaran pertemanannya yang ingin membeli.

“Sempat bingung juga saat itu karena resepnya juga belum ada yang pasti. Makanya aku coba mantepin dulu semua resep dan takarannya selama dua minggu, setelah itu baru aku menghubungi kembali orang yang ingin membeli tersebut,” ujarnya.

Dari situ dia pun mencoba untuk serius mengembangkan usahanya dengan membuat merek dan strategi marketing. Nama yang dipakai saat itu ialah Fudgybro.

Alasannya sangat sederhana karena brownis yang dia buat memiliki tekstur fudgy yaitu padat di luar tetapi lembut dengan coklat lumer di dalamnya. Sedangkan bro sendiri seperti panggilan santai yang juga bisa menjadi seperti singkatan brownies.

Saat awal merintis, Abi benar-benar memulainya dari dapur rumah. Dia mengerjakan semuanya sendiri dengan bantuan ART untuk menyiapkan seluruh bahan-bahan yang ada sesuai dengan takaran yang sudah dibuat.

“Mulanya aku cuma sama mba di rumah karena kan aku juga ngga bisa masak makanya minta tolong si Mbak untuk menyiapkan bahan-bahan. Pas semua sudah siap, tinggal aku yang finishing sesuai takaran yang sudah dibuat,” tuturnya.

Dalam menemukan resep yang pas, tentu saja Abi terus melakukan trial and error terutama dalam menghasilkan cita rasa brownies yang konsisten dari segi tekstur dan rasa karena banyak yang harus diperhitungkan mulai dari bahan baku, suhu oven, dan lain sebagainya.

Setelah yakin dengan tekstur dan cita rasanya, pria lulusan ITB ini pun kian menggencarkan proses marketing dengan memanfaatkan media sosial dan iklan yang ada di dalamnya, termasuk penjualan melalui e-commerce dan ojek online, Ternyata cukup berdampak sehingga penjualannya pun terus melonjak

“Saat bulan puasa itu order meledak dan melebihi kapasitas. Dari situ kemudian saya menambah kapasitas oven dan menarik adik serta saudara untuk membantu,” ucapnya.

Resep dari Youtube, Pria Ini Sukses Jual Ribuan Loyang Brownies Perbulan

Brownies Fudgybro. /Instagram Fudgybro

Dengan tim yang kini makin lengkap dan peralatan yang lebih memadai, Fudgybro terus melakukan inovasi agar usahanya terus bertumbuh, misalnya dengan menambah resep dan varian baru serta menu-menu lainnya seperti Softbro Jar Size yang merupakan campuran potongan brownies dan es krim vanila, cookies hingga minuman berbahan coklat.

“Saat ini produk Fudgybro sudah bisa menjangkau wilayah lainnya di luar Jabodetabek seperti Medan, Bali, hingga Makassar,” tuturnya.

Abi mengatakan bahwa Fudgybro memiliki satu kelebihan dibandingkan brownies lain yaitu bagian luar yang crunchy dengan coklatnya yang luber dan sangat melimpah sehingga membuat siapa saja ingin terus menikmati lezatnya brownies tersebut.

Adapun untuk varian ukuran, Fudgybro memiliki ukuran mulai dari reguler untuk 1 atau 2 orang yang bisa menemani saat WFH, ukuran campuran dengan perpaduan tiga rasa berbeda, hingga ukuran besar yang bisa dinikmati 6 orang dan cocok untuk hadiah bagi orang terkasih. Harga yang dibanderol mulai dari Rp45.000 hingga Rp170.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper