Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Ide Bisnis Penghasil Cuan untuk Si Jago Desain Grafis

Ada juga usaha bisnis lain yang saling terkait. Bisnis desain grafis juga dapat berjalan atau bergandengan tangan dengan bisnis terkait lainnya
Desain Grafis
Desain Grafis

Bisnis.com, JAKARTA — Keuntungan yang didapat dengan menjadi seorang desainer grafis sangat besar.

Tetapi masalahnya adalah kebanyakan desainer grafis menjadi frustrasi atau terdampar karena tidak tahu bagaimana menggunakan bakat grafis mereka.

Bahkan ada yang kekurangan inovasi kreatif untuk mengubah ide mereka menjadi usaha menguntungkan.

Menjadi seorang desainer grafis atau seniman grafis tidak berarti harus dibatasi hanya menjadi seorang desainer saja.

Ada juga usaha bisnis lain yang saling terkait. Bisnis desain grafis juga dapat berjalan atau bergandengan tangan dengan bisnis terkait lainnya. Bahkan, bisnis tersebut bisa jadi ceruk penghasil uang.

Dilansir dari businessinfofinder, Senin (19/7/2021) berikut 10 ide bisnis bagi si desainer grafis :

1. Menawarkan Program Pelatihan Grafis

Ada banyak orang di luar sana yang tertarik untuk belajar desain grafis. Ini adalah cara yang keren untuk menghasilkan uang. Anda dapat menawarkan pelatihan satu lawan satu atau pelatihan kelas.

2. Liputan Video

Sebagai seorang desainer grafis, salah satu ide bisnis yang dapat Anda pertimbangkan untuk memulai adalah memulai bisnis liputan video. Kebanyakan orang yang menyukai liputan video bekerja secara langsung atau dekat dengan desainer grafis terutama ketika melibatkan pembuatan montase dan hal serupa yang diperlukan untuk produksi video lengkap.

3. Jasa Desain

Ide bisnis fantastis lainnya yang dapat Anda mulai sebagai desainer grafis adalah membuka jasa desain. klien akan mengontrak Anda untuk mendesain untuk mereka. Ini adalah cara yang keren untuk menghasilkan lebih banyak uang terutama jika bisnis tersebut berlokasi di area percetakan komersial.

4. Pengeditan Video

Pengeditan Video adalah ide bisnis lain yang dapat dilakukan oleh seorang desainer grafis atau seniman grafis. Jika Anda tidak memiliki waktu dan kapasitas untuk masuk ke liputan video penuh waktu dan produksi video, Anda dapat menambahkan pengeditan video sebagai bagian dari layanan yang Anda tawarkan. Yang paling penting adalah Anda harus mempelajari keterampilan mengedit video. Dan ini akan lebih mudah bagi Anda untuk belajar sebagai desainer grafis.

Pastikan bahwa Anda dengan jelas menyatakan pengeditan video sebagai bagian dari penawaran bisnis. Ini pasti akan menarik klien yang akan menghasilkan lebih banyak keuntungan bagi Anda.

5. Merancang Buku Anak

Ide bisnis terbaik lainnya untuk desainer grafis adalah usaha ke buku gambar anak-anak, buku komik, pembuatan buku cerita. Ini adalah bisnis potensial lainnya untuk desainer grafis. Permintaan untuk layanan ini meningkat setiap hari. Pikiran kreatif dengan keterampilan merancang yang memadai adalah yang paling penting dalam bisnis ini. Yang diperlukan hanyalah meneliti jenis karakter kartun yang disukai anak-anak di daerah atau komunitas Anda, dan kemudian mengembangkan karakter serupa dalam komik.

6. Program Kartun

Cara lain untuk menghasilkan uang sebagai seniman grafis adalah dengan mengembangkan kartun yang dapat ditayangkan di stasiun TV. Jika Anda berhasil mengembangkan program kartun edukatif untuk TV, maka Anda akan menghasilkan uang darinya. Anda juga dapat menjual soft copy kartun Anda di toko buku anak-anak.

7. Perancangan Situs Web

Peluang bisnis desain web sangat cocok bagi mereka yang ahli secara profesional dalam mendesain situs web dan memiliki pengetahuan dasar dalam pengkodean HTML dan CSS. Seorang desainer grafis juga dapat melihat ke arah ini jika dia ingin meningkatkan keuntungan.

8. Percetakan

Sebagai seniman grafis, salah satu ide bisnis utama yang dapat Anda kejar selain mengoperasikan studio grafis adalah memulai mesin cetak standar Anda sendiri. Jenis bisnis ini padat modal dan pada saat yang sama sangat menguntungkan.

9. Jual Kartu Ucapan

Terakhir, ide bisnis lain yang bisa Anda kejar adalah penjualan kartu ucapan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendesain dan mencetak kartu ucapan yang cocok untuk tujuan yang berbeda. Anda dapat menjual kartu ucapan sendiri atau dapat mencari distributor.

10. Layanan Desain Paket

Kemasan sangat penting dalam pemasaran dan promosi. Setiap produsen yang memperkenalkan produk baru ke pasar atau perusahaan mana pun yang ingin mendesain ulang kemasan produk yang ada dapat menjadi klien potensial. Hal ini dapat meningkatkan keuntungan karena perusahaan yang bergerak di bidang produksi selalu banyak mengkonsumsi alat tulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper