Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pecinta Hewan, Simak Ide Bisnis yang Bisa Hasilkan Cuan Berikut Ini

Bisnis hewan peliharaan sama dengan bisnis kecil lainnya. Kunci sukses dari bisnis yang tepat adalah waktu dan tempat yang tepat. Anda bisa saja memiliki seorang perawat yang ahli dan handal, namun jika lokasinya tidak tepat maka Anda akan mengalami kesulitan.
Anjing. /richviewanimalhospital
Anjing. /richviewanimalhospital

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda merupakan pecinta hewan dan sedang mencari ide bisnis, mungkin ide ini cocok untuk Anda.

Bisnis dalam sektor ini cukup berkembang dan dicari-cari oleh para pecinta hewan. Di Kanada, rumah tangga menghabiskan US$8,85 miliar untuk hewan peliharaan pada tahun 2018 dan menunjukkan bahwa sekitar 41 persen rumah tangga memiliki setidaknya satu anjing, dan 38 persen rumah tangga memiliki setidaknya satu kucing.

Dilansir dari thebalancesmb, berikut 18 ide bisnis bagi Anda yang dapat Anda terapkan. Ide-ide ini berkisar dari produk berbasis hewan peliharaan hingga menyediakan layanan hewan peliharaan yang melibatkan bekerja dengan hewan.

Di dalam daftar ini tidak ada ide bisnis mengenai pembiakan atau penjualan hewan secara eceran :

1. Pet Sitter

Pet sitter menjadi daftar teratas karena kebutuhan universal dan bisnis yang sangat fleksibel. Contohnya jika Anda tinggal di sebuah kota dan menjalankan bisnis ini, maka orang-orang akan membawa peliharaannya dan menitipkannya kepada Anda.

2. Pet Boarding

Bisnis usaha ini dapat Anda jalankan dengan menawarkan fasilitas dimana anjing ataupun kucing peliharaan dapat dititipkan pada Anda, dan Anda memiliki fasilitas yang cukup siap. Namun tantangan dalam bisnis ini adalah zonasi. Jadi Anda perlu memastikan kembali berdasarkan peraturan yang ada.

3. Doggie Day Care

Sama seperti ide bisnis hewan peliharaan lain, doggie day care tentunya memiliki pro dan kontra yang cukup mirip. Kebutuhan yang meningkat untuk layanan hewan peliharaan ini semakin banyak dikarenakan orang-orang yang bekerja dan meninggalkan anjingnya sendiri, hari demi hari anjing akan menggonggong dan merusak. Namun kesulitan dari bisnis ini adalah peraturan zonasi dan peraturan kota.

4. Pelatihan anjing

Jika Anda memiliki keahlian untuk membuat Anjing menjadi patuh, maka ide bisnis ini dapat Ana coba. Tidak semua orang memiliki keterampilan untuk melatih anjing dengan benar, dan jika ada, masih banyak orang yang tetap membutuhkan seseorang untuk melatihnya.

5. Pelatihan hewan peliharaan

Jika Anda juga terampil dalam melatih hewan peliharaan dan memiliki minat pada media, maka bisnis anda dapat digunakan dalam melatih hewan untuk film dan TV, atau dalam industri hiburan.

6. Grooming

Grooming atau perawatan anjing adalah bisnis hewan peliharaan yang populer, karena banyak dari pemilik hewan yang lebih suka membayar orang lain untuk melakukannya. Alasan dari popularitas grooming sendiri adalah konsepnya dan perawatannya.

7. Terapi Pijat Hewan Peliharaan

Bisnis ini merupakan sektor bisnis hewan peliharaan yang berkembang terkait dengan kebutuhan mereka yang tidak terlalu mendasar. Bisnis ini menjadi berkembang karena banyak pemilik hewan peliharaan yang mencari cara agar membantu hewan peliharaan Anda menjalani hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

8. Makanan hewan

Pemilik hewan peliharaan menjadi semakin peduli dengan kualitas makanan yang dimakan hewan peliharaan mereka. Orang-orang terus mencari makanan hewan peliharaan yang mereka rasa memiliki manfaat kesehatan tambahan. Anda dapat memproduksi makanan hewan sendiri atau menjadi distributor untuk jenis makanan tertentu.

9. Busana Anjing

Banyak pemilik anjing suka mendandani hewan peliharaan mereka. Anda dapat membuat kalung, baju dengan motif macan atau seragam, dan lain-lainnya atau bahkan Anda dapat mendistribusikan busana yang dimiliki atau diproduksi oleh orang lain.

10. Toko Perlengkapan Hewan Peliharaan

Semua jenis hewan peliharaan membutuhkan persediaan dan perlengkapan, dan pemilik hewan peliharaan tampaknya menyukai kemudahan jika menemukan sebuah toko yang serba ada. Bisnis hewan peliharaan semacam ini tampaknya didominasi oleh waralaba, tetapi masih memungkinkan untuk memulai perusahaan Anda sendiri dari awal. Bisnis ini juga dapat menyediakan layanan yang berhubungan dengan hewan peliharaan, seperti perawatan anjing.

11. Pemasaran Bisnis Hewan Peliharaan

Ada begitu banyak bisnis hewan peliharaan di masa kini sehingga memungkinkan untuk menjalankan bisnis pemasaran yang sukses yang memenuhi kebutuhan pemilik bisnis hewan peliharaan secara eksklusif.

12. Bisnis fotografi Hewan Peliharaan

Jika Anda memiliki bakat seni dan menyukai binatang, Anda bisa memulai bisnis lukisan potret pada hewan peliharaan. Bukan hanya dengan lukisan, bisnis fotografi juga menjadi pilihan. Dalam bisnis ini, Anda mungkin akan membutuhkan banyak kesabaran. Jasa ini juga menjadi pilihan karena banyak dari mereka yang menganggap bahwa binatang peliharaannya sangat penting dalam kehidupan mereka.

13. Dokter hewan

Dokter hewan kini dapat mencari peluang dengan berspesialisasi dalam merawat hewan peliharaan. Namun bisnis ini membutuhkan pelatihan bertahun-tahun dan memerlukan persyaratan akreditasi dan lisensi yang ketat.

Agar bisnis hewan peliharaan Anda dapat menjadi sukses, perlu kecintaan dan pengetahuan mengenai hewan yang cukup luas. Terkadang beberapa pilihan bisnis di atas membutuhkan pelatihan bertahun-tahun.

Namun, bisnis hewan peliharaan sama dengan bisnis kecil lainnya. Kunci sukses dari bisnis yang tepat adalah waktu dan tempat yang tepat. Anda bisa saja memiliki seorang perawat yang ahli dan handal, namun jika lokasinya tidak tepat maka Anda akan mengalami kesulitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper