Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Kaya Ala Warren Buffet pada 1999 yang Long Lasting

Buffett mengatakan bahwa tidak perlu bercita-cita untuk menghasilkan US$30 miliar, dan baru-baru ini mengatakan bahwa ukuran kekayaannya “tidak dapat dipahami.”
Orang Terkaya Dunia Warren Buffet/Reuters
Orang Terkaya Dunia Warren Buffet/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Jangan menunggu untuk memulai. Begitulah nasihat yang dibagikan oleh pemilik perusahaan investasi raksasa Warren Buffet pada tahun 1999 di rapat pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway.

Saran itu disampaikannya ketika ditanya bagaimana menghasilkan US$30 miliar, yang kira-kira merupakan kekayaan bersihnya saat itu.
 
“Mulailah lebih awal,” kata Buffett yang saat itu berusia 68 tahun.

“Saya mulai membangun bola salju kecil ini di puncak bukit yang sangat panjang. Trik untuk memiliki bukit yang sangat panjang adalah mulai dari sangat muda atau hidup sampai sangat tua.”
 
Dia juga mengatakan apabila dia lulus dari perguruan tinggi pada tahun 1999 dan memiliki US$10.000 untuk diinvestasikan, dia akan menjadi strategis dalam memilih tempat untuk menyimpan uangnya.
 
"Saya mungkin akan fokus pada perusahaan yang lebih kecil karena saya akan bekerja dengan jumlah yang lebih kecil dan ada lebih banyak kemungkinan bahwa ada sesuatu yang terlewatkan di arena itu," jelas Buffett, mengatakan dia akan mulai memeriksa perusahaan berdasarkan abjad dan bekerja dari sana, seperti dilansir dari CNBC, Selasa (27/7/2021).
 
The Oracle of Omaha menjelaskan, perlu berjuang sendiri dan mengandalkan pengetahuan dan intuisi mereka sendiri ketika mencari bisnis yang menjanjikan untuk diinvestasikan.

Dia menambahkan bahwa investor yang cerdas akan melakukan yang terbaik untuk "mempelajari apa yang Anda ketahui dan apa yang tidak Anda ketahui" dan bertindak “sangat bersemangat” ketika mereka melihat sesuatu yang mereka anggap sebagai peluang yang baik.
 
Konon, Buffett juga merupakan pendukung setia dana indeks, yang menyimpan setiap saham dalam indeks, membuat mereka terdiversifikasi secara otomatis. Untuk membangun kekayaan, investor harus “secara konsisten membeli dana indeks berbiaya rendah S&P 500,” kata Buffett pada 2017. “Terus membelinya melalui suka dan duka.”
 
Namun, Buffett mengatakan bahwa tidak bercita-cita untuk menghasilkan US$30 miliar, dan juga mengatakan bahwa ukuran kekayaannya “tidak dapat dipahami.”
 
"Uang membuat perbedaan yang sangat kecil dalam tingkat moderat," katanya.
 
“Jika Anda meminta saya untuk menukar persentase yang sangat signifikan dari kekayaan bersih saya baik untuk beberapa tahun tambahan dalam hidup saya atau untuk dapat melakukan selama tahun-tahun itu apa yang ingin saya lakukan, saya akan melakukannya. ”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper