Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ide Bisnis Rumahan Terbaik untuk Pengusaha Remaja

Berikut ini beberapa ide bisnis rumahan untuk remaja, termasuk keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan, serta masalah hukum bagi remaja pengusaha yang patut dipertimbangkan.
Ilustrasi/mumsnet.com
Ilustrasi/mumsnet.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika memikirkan pengusaha remaja, kebanyakan orang berpikir tentang kios limun atau jasa potong rumput. Namun, dengan zaman di mana seperti Internet telah memberikan banyak peluang bagi orang dewasa untuk memulai bisnis rumahan, kesempatan yang sama juga ada bagi remaja. Faktanya, sejak remaja tumbuh dengan teknologi digital, mereka secara unik memenuhi syarat untuk memulai bisnis rumahan, terutama online.

Seperti dikutip melalui The Balance Small Business, sama seperti orang dewasa, bisnis terbaik untuk remaja agak subjektif. Apa yang mungkin ideal untuk satu orang, mungkin tidak cocok untuk yang lain.

Saat memilih bisnis, pengusaha remaja harus mempertimbangkan bakat, minat, dan hasrat mereka, dan bagaimana mereka dapat menghasilkan uang. Karena itu, berikut adalah beberapa ide bisnis rumahan yang ideal untuk remaja.

Berikut ini beberapa ide bisnis rumahan untuk remaja, termasuk keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan, serta masalah hukum bagi remaja pengusaha yang patut dipertimbangkan.

1. Layanan Domestik

Tidak ada yang salah dengan ide bisnis old-school yang memberikan layanan kepada komunitas lokal, dan dalam banyak kasus, remaja dapat memulai dengan sedikit keahlian atau pengalaman. Sebaliknya, mereka hanya membutuhkan kemauan untuk belajar dan bekerja keras.

Di antaranya:

- Menjaga rumah

- Pet Sitting

- Anjing berjalan

- Bimbingan

- Penyelenggara Pesta Anak-anak

2. Kerajinan / Barang Buatan Sendiri

Remaja kreatif dapat menjual karya mereka secara lokal melalui konsinyasi toko, pasar petani, atau pameran kerajinan. Mereka juga dapat menjualnya secara online baik melalui situs web e-niaga mereka sendiri.

Remaja belum tentu memiliki nilai A + dalam seni, tetapi mereka harus mampu menciptakan produk yang berkualitas. Item licik yang bagus untuk dipertimbangkan untuk dijual meliputi:

- Perhiasan

- Seni

- Kaos Berhias

- Totes Dihiasi

- Bantal dan dekorasi rumah lainnya

- Gelas atau mug hias

- Kayu

- Tembikar

- Sabun dan produk spa

3. Layanan Digital

Tumbuh di dunia digital, remaja memiliki kualifikasi unik untuk memberikan layanan online kepada bisnis kecil. Meskipun remaja tidak membutuhkan gelar atau pelatihan teknis, mereka memang membutuhkan pengalaman dan keterampilan, yang sering kali mereka bangun dari penggunaan pribadi.

Beberapa ide termasuk:

- Desain grafis

- Desain Web dan pemrograman

- Videografer dan pengeditan video

- Pengeditan audio

- Manajemen media sosial

4. Menjadi Bintang / Influencer Online

Internet dipenuhi dengan remaja selebriti yang menghasilkan uang secara online hanya dengan menjadi diri mereka sendiri. Karena mereka telah menghasilkan pengikut, mereka dapat menghasilkan uang melalui iklan dan pemasaran afiliasi.

Mereka dapat membagikan kontennya melalui YouTube, Instagram, dan blog di bawah pengawasan orang tua.

Dalam banyak hal, memulai bisnis rumahan adalah cara yang lebih baik bagi seorang remaja untuk menghasilkan uang tambahan daripada mendapatkan pekerjaan paruh waktu.

Pertama, seorang remaja dapat memanfaatkan minat, hasrat, dan pengalamannya untuk menghasilkan uang.

Kedua, bisnis seringkali fleksibel, sehingga dapat dilakukan di antara waktu sekolah dan jadwal kegiatan.

Terakhir, banyak bisnis rumahan yang portabel, jadi ketika remaja tumbuh remaja dan pergi ke perguruan tinggi atau meninggalkan rumah, bisnis tersebut sering kali dapat berlanjut meski harus berpindah tempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper