Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Total Kekayaan Miliarder yang Pernah Masuk Forbes 400 Sejak 1980

Berikut total kekayaan miliarder dunia yang pernah masuk Forbes 400 sejak 1980 lalu.
Ilustrasi miliarder
Ilustrasi miliarder

Bisnis.com, JAKARTA – Forbes telah membuat daftar orang terkaya sejak 1982 dalam Forbes 400. Pada saat itu, 400 orang terkaya di Amerika memiliki total US92 miliar. Namun pada saat ini 400 orang terkaya teratas memiliki total US$4,5 triliun.

Dalam Forbes 400 tahun ini membuat mereka cenderung lebih baik dibandingkan dari kelompok tahun 1982. Hal ini dikarenakan mereka jauh melampau indeks harga konsumen yang hampir tiga kali lipat dan S&P 500 melompat 36 kali pada waktu yang sama.

Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan daftar orang terkaya di Amerika dari tahun 1982 hingga 2021 dilansir dari Forbes :

Tahun 1982

Pada tahun ini, total kekayaan yang terkumpul dari 13 miliarder yakni sebesar US$92 miliar atau setara dengan Rp3,6 kuadriliun pada hari ini, dengan cutoff sebesar US$100 juta atau Rp3,9 kuadriliun di hari ini. Pada masa ini, gelar orang terkaya dipegang oleh Daniel Ludwig dengan total kekayaan sebesar US$2 miliar.

Daniel Ludwig mengumpulkan kekayaan tersebut secara diam-diam dan menolak untuk dikomentar. Donald Trump memprotes bahwa dia dan ayahnya memiliki lebih dari dua kali lipat dari yang Forbes perkirakan.

Tahun 1990

Pada tahun ini, total kekayaan dari 66 miliarder yakni sebesar US$272,5 miliar atau Rp3,8 kuadriliun di tahun ini, dengan cutoff sebesar US$260 juta atau Rp7,5 triliun pada masa ini. John Kludge menempati posisi teratas dengan total kekayaan sebesar US$5,6 miliar.

Jika sebelumnya pada tahun 1980 kekayaan minimum terus meningkat menjadi US$275 juta, pada tahun ini kekayaan minimum turun pada nilai US$260 juta. Penurunan ini terjadi karena adanya resesi. Namun, dua lusin lainnya bergabung dengan barisan untuk pertama kalinya, termasuk raja otomotif Roger Penske dan Steve Ballmer muda.

Tahun 1999

Pada tahun ini, Bill Gates menduduki posisi teratas dengan total kekayaan sebesar US$85 miliar. Dengan total dari 268 miliarder, total kekayaan yang diperoleh sebesar US$1 triliun atau Rp22,7 kuadriliun pada hari ini, dengan cutoff sebesar US$625 juta atau setara dengan Rp14,2 triliun pada hari ini.

Pada tahun ini, banyak anak-anak muda yang naik ke peringkat atas seperti Bill Gates, Paul Allen dan Michael Dell. Sepertiga dari pendatang baru tahun ini telah menghasilkan uang mereka di bidang teknologi, dengan orang-orang seperti Mark Cuban dan Pierre Omidyar dari eBay menggantikan kekayaan generasi sebelumnya.

Tahun 2006

Masih berada di posisi teratas, Bill Gates masih bertahan dengan total kekayaan sebesar US$53 miliar. Dengan total 400 miliarder, total kekayaan tahun ini sebesar US$1,25 triliun atau sebesar Rp24,1 kuadriliun pada masa ini, serta dengan cutoff sebesar US$1 miliar atau Rp19,8 triliun pada hari ini.

Pada tahun ini, miliarder minyak seperti pendiri Chesapeake Energy Aubrey McClendon dan Tom Ward bergabung dalam daftar, seperti halnya Howard Schultz dan kepala eksekutif Lehman Brothers dari Starbucks Richard Fuld. Tahun ini real estat juga mengalami penurunan.

Tahun 2010

Bill Gates masih menempati di urutan teratas dengan total kekayaan sebesar US$54 miliar, namun dirinya telah mengalami kehilangan sebesar US$ 7 miliar. Dengan total 400 miliarder, total kekayaan yang diperoleh sebesar US$1,37 triliun Rp24,1 kuadriliun di hari ini dengan batas US$1 atau Rp17,7 triliun di hari ini.
Dibalik Bill Gates dan Warren Buffet yang mengalami kehilangan dalam kekayaannya, pada tahun ini para miliarder delapan persen lebih kaya dari tahun sebelumnya secara keseluruhan, jauh mengungguli kenaikan satu persen S&P 500. Sebanyak 16 wajah baru masuk The Forbes 400, termasuk salah satu pendiri Facebook Eduardo Saverin dan Elaine Wynn.

Tahun 2015

Total kekayaan 400 miliarder hari ini diperoleh sebesar US$2,34 triliun atau setara dengan Rp38,3 kuadriliun pada hari ini. Batasnya berada di angka US1,7 miliar atau Rp28,4 triliun di hari ini. Lagi-lagi, Bill Gates berada di posisi teratas dengan total kekayaan sebesar US$7,6 miliar.

Pada tahun ini para miliarder juga menggelontorkan uangnya untuk kampanye presiden. Contohnya seperti Hillary Clinton yang memimpin, dengan 33 miliarder pendukung seperti Marco Rubio dan Jeb Bush. Trump juga menjadi orang terkaya ke-121 di Amerika, dan salah satu dari 202 orang yang kekayaannya naik dalam daftar 2015 di tengah ekonomi yang kuat.

Tahun 2021

Pada tahun ini, Jeff Bezos menduduki urutan pertama dengan total kekayaan sebesar US$201 miliar. Total kekayaan dari 400 miliarder di tahun ini mencapai US$4,5 triliun atau Rp63,9 kuadriliun dengan batas US$2,9 miliar atau Rp41,2 triliun.

Pada tahun ini, persaingan di dalam daftar cenderung cukup ketat. Standar ini menjadi lebih tinggi dengan anggota lama di dalam daftar seperti Oprah Winfrey dan Donald Trump, yang masing-masing telah didorong keluar dari peringkat. 400 orang terkaya di Amerika memiliki kekayaan senilai US$4,5 triliun, sekitar US$4,2 triliun lebih banyak daripada yang dimiliki kelompok ini pada tahun 1982 bahkan setelah memperhitungkan inflasi.

Selain itu, sebanyak 44 orang baru di dalam daftar cenderung menawarkan untuk di masa depan seperti Sam Bankman-Fried dalam mata uang crypto dan pembuat kendaraan listrik, RJ Scaringe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper