Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Aman Finansial saat Pensiun

Anda dapat mencoba memulai bisnis Anda secara digital, dengan memanfaatkan latar belakang profesional Anda untuk memulai bisnis Anda. Anda dapat memanfaatkan apa yang Anda ketahui yakni mengenai komputer, pemasaran, akuntansi dan layanan pelanggan lainnya.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 22 November 2021  |  15:40 WIB
Ilustrasi pensiun
Ilustrasi pensiun

Bisnis.com, JAKARTA -  Terkadang disaat memikirkan mengenai pensiun, Anda mungkin takut melepaskan diri dari kehidupan profesional Anda.

Bukan hanya itu, mungkin Anda juga takut mengenai aliran pendapatan yang dapat Anda peroleh ketika pensiun.

Lalu, ide apa yang dapat Anda lakukan saat pensiun nanti? Berikut beberapa ide yang dilansir dari Entrepreneur.

1. Lakukan berdasarkan karir profesional Anda

Anda dapat mencoba memulai bisnis Anda secara digital, dengan memanfaatkan latar belakang profesional Anda untuk memulai bisnis Anda. Anda dapat memanfaatkan apa yang Anda ketahui yakni mengenai komputer, pemasaran, akuntansi dan layanan pelanggan lainnya.

2. Pilihlah ide dari passion Anda

Dengan memanfaatkan latar belakang Anda, Anda dapat mencoba untuk mengembangkan ide-ide yang sebelunnya Anda tidak pernah manfaatkan sebelumnya. Contohnya jika ada suatu hal yang ingin Anda bagikan kepada audiens, Anda dapat mempersempit dengan melihat target market Anda, dan pelajarilah dari pengalaman dan keahlian Anda.

3. Investasi

Anda mungkin akrab dengan berbagai instrumen investasi. Seiring dengan derivatif keuangan lainnya untuk mendiversifikasi portofolio investasi Anda, dalam memperoleh bisnis online Anda dapat mencoba berinvestasi di real estat digital.

Seperti properti real estat, aset digital dapat dilihat sebagai peluang untuk pertumbuhan dan peningkatan. Di sinilah Anda masuk dan benar-benar menggunakan keahlian Anda untuk menuai hasil.

Anda dapat melihat sebuah properti, merapikannya dan menjualnya secara online lebih dari nilai aslinya. Jika Anda memiliki keahlian dalam SEO, Anda dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan lalu lintas toko Anda.

4. Tingkatkan tabungan pensiun Anda

Memulai bisnis online adalah cara yang baik untuk melengkapi angka atau untuk mencapai gaya hidup yang Anda inginkan. Jadi, jika Anda ingin mencapai tujuan keuangan Anda tetapi belum sepenuhnya mencapainya, memiliki bisnis online adalah peluang besar.

Memiliki bisnis online juga tidak harus menjadi usaha penuh waktu. Jika Anda memiliki sumber daya dan staf yang tepat, Anda masih dapat menikmati waktu istirahat, namun tetap menjalankan bisnis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pensiun tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top