Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Tantangan Paling Umum yang Dihadapi Entrepreneur dan Solusinya

Lalu, apa saja tantangan yang dialami oleh para Entrepreneur? Berikut penjelasannya yang dijelaskan oleh CEO Zuleyka Strasner
Entrepreneur
Entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda ingin menjadi seorang wirausahawan yang berhasil, tentunya Anda membutuhkan pedoman untuk melewati berbagai tantangan.

Dilansir dari CNBC, CEO Zero Grocery yakni Zuleyka Strasner, menceritakan mengenai kesulitannya dalam membangun sebuah perusahaan.

Perusahaan rintisan Zero Grocery kini memiliki ribuan pelanggan dan memiliki pendapatan sekitar US$500.000 per bulan pada tahun 2021. Perusahaan ini telah mengumpulkan sebanyak US$16,5 juta.

Lalu, apa saja tantangan yang dialami oleh para Entrepreneur? Berikut penjelasannya yang dijelaskan oleh CEO Zuleyka Strasner.

1. Hal yang sulit

Dalam memulai sebuah perusahaan, menskalakan perusahaan merupakan hal yang sulit.

Dirinya mengatakan walaupun telah diberitahu berkali-kali, ketika Anda menjalaninya maka Anda tidak akan mengerti dan memahami betapa sulitnya hal tersebut.

2. Menciptakan budaya

Menciptakan budaya adalah hal yang penting karena mendefinisikan setiap keputusan yang dibuat pada hari ini. Keputusan tersebut juga akan menentukan untuk di masa mendatang. Oleh karena itu, dalam menciptakan budaya, hal ini tidak terkait dengan bersenang-senang saja.

Hal ini juga perlu terutama untuk mendapatkan anggota tim. Budaya sendiri kemudian berperan penting dikarenakan Anda mungkin tidak dapat mengontrol apa yang tim Anda lakukan setiap menitnya, setiap harinya.

3. Menjaga Integritas

Ketika skala perusahaan Anda meningkat, maka tingkat layanan yang Anda berikan tentunya akan berubah. Contohnya, tingkat pelayanan Anda tentunya akan berbeda ketika melayani 10.000 pelanggan, dibandingkan dengan 10 pelanggan.

Untuk itu Anda harus memiliki dan mempertahankan integritas. Karena hal ini akan terkait dengan permasalahan skala dan fondasi dari bisnis Anda.

4. Penggalangan dana

Jika Anda ingin melakukan skala untuk perusahaan Anda, maka Anda perlu membutuhkan investasi. Tentunya Anda perlu terus-menerus melangkah maju agar bisnis Anda dapat terus tetap berjalan.

Untuk itu, maka penggalangan dana menjadi hal yang cukup sulit. Jika Anda tidak mendapatkan pendanaan, maka Anda perlu berusaha seperti bagaimana untuk mendapatkan pelanggan secara gratis, bagaimana mendapatkan sumber secara gratis dan lainnya.

Ketika Anda berada di hal tersebut, maka Anda akan menemukan cara kreatif dengan cara Anda sendiri. Dalam hal ini, maka Anda benar-benar memerlukan semangat entrepreneur.

5. Memproses umpan balik

Banyak orang yang memiliki niat baik untuk memberi tahu bagaimana dan apa seharusnya yang dapat Anda lakukan. Untuk itu, Anda dapat meminta umpan balik.

Namun perlu diketahui bahwa Anda tidak memiliki tujuan untuk menyenangkan semua orang di sekitar Anda. Hal ini tidaklah berhasil.

Untuk itu, Anda juga perlu mempertimbangkan dalam melakukan sesuatu yang benar-benar revolusioner dan mana yang tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper