Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Ide Peluang Bisnis Kuliner Jelang Ramadan yang Pasti Cuan

Tradisi bulan Ramadan yang kerap mengirimkan bingkisan ke sanak famili akan mendorong pasar penjualan parsel. Simak peluang bisnis saat Ramadan.
Pedagang menata ketupat yang terbuat dari daun kelapa atau janur di Kota Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Minggu (2/6/2019)./ANTARA - Syifa Yulinnas.
Pedagang menata ketupat yang terbuat dari daun kelapa atau janur di Kota Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Minggu (2/6/2019)./ANTARA - Syifa Yulinnas.

Bisnis.com, JAKARTA – Bulan Ramadan menjadi satu momen yang paling dinanti-nanti oleh umat muslim. Ramadan juga bisa menjadi ladang rezeki yang bisa kita maksimalkan.

Sebagian orang juga mencoba peruntungan dengan membuka usaha baru saat Ramadan. Bulan yang suci ini menjadi momen yang cocok untuk membuka usaha kuliner.

Tingginya permintaan akan kebutuhan konsumsi, akan sejalan dengan peluang bisnis yang menjanjikan. Berikut 10 ide bisnis kuliner yang menjanjikan di Bulan Ramadan:

  1. Katering Makanan untuk Berbuka atau Sahur

Pada saat bulan puasa, sebagian orang mungkin tak sempat mempersiapkan menu berbuka ataupun sahur. Selain itu, bulan Ramadan juga identik sebagai bulannya orang-orang bersilaturahmi dan berkumpul, maka bisnis catering makanan dinilai sangat menjanjikan.

Anda bisa menawarkan usaha Anda ke ibu rumah tangga yang bekerja, atau bahkan beberapa komunitas-komunitas.

Sebelum menentukan harga jual yang akan kamu sematkan untuk produk Anda, Anda bisa melakukan riset pasar dan membuat pilihan paket catering yang bisa dipilih sesuai preferensi pelanggan.

  1. Kurma atau Olahan Kurma

Buah kurma sudah lama dikenal menjadi menu menu wajib selama bulan Ramadan. Buah yang dianggap sebagai menu Sunnah ala Nabi Muhammad SAW ini banyak diburu konsumen, sehingga keuntungan serta pasar yang didapat pasti cukup tinggi. 

Anda bisa menjual kurma utuh atau produk yang terbuat dari kurma seperti susu, kurma coklat, kurma keju dan lain-lain. Jenis kurma yang saat ini disukai konsumen Indonesia adalah kurma ajwa, kurma sukkari, kurma medjool, kurma khalas, kurma safawi dan kurma anbara. 

  1. Olahan Kue Kering

Sajian kue kering saat Ramadan sangat cocok untuk menemani waktu seusai berbuka puasa. Selain itu banyak orang yang lebih suka memakan kurma dan mengganjal laparnya dengan kue kering terlebih dahulu.

Selain itu, penjualan kue kering juga akan meningkat tajam menjelang hari raya Idul Fitri. Jadi, permintaannya pasti akan semakin meninggikan.

  1. Menjajakan Parsel

Selain menjual kue kering, Anda juga bisa sekaligus menyediakan jasa pembuatan parsel yang dipastikan akan sangat menguntungkan selama bulan Ramadan.

Tradisi bulan Ramadan yang kerap mengirimkan bingkisan ke sanak famili akan mendorong pasar penjualan parsel. Anda bisa menawarkan beberapa jenis parsel dengan isian yang berbeda sesuai preferensi dan keinginan konsumen.

  1. Menjual Ketupat

Ketupat diibaratkan seperti maskot bulan Ramadan di Indonesia. Menjelang perayaan idul fitri, permintaan pesanan ketupat kian melejit. Anda juga bisa memaksimalkan peluang bisnis ini dengan sekaligus menjajakan sayur ketupatnya sekaligus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper