Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Sukses Tanam Sayuran Hidroponik Bagi Pemula

Bagi pemula, Anda bisa mulai berlatih menanam tanaman secara hidroponik dengan harga murah yakni Rp100.000 di aplikasi belanja online.
Tanaman hidroponik berada di rooftop Masjid
Tanaman hidroponik berada di rooftop Masjid

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang hobi berkebun, bisa mencoba menanam tanaman hidroponik di lahan halaman rumah terbatas, bahkan di atas rooftop.

Sebelum memulai bisnis hidroponik, maka sebaiknya Anda memperhatikan perlengkapan perawatan tanaman, menghitung modal awal yang akan dikeluarkan, dan target pasar.

Tren gaya hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran hijau mulai dikampanyekan selama pandemi. Maka tak heran bila bisnis hidroponik menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Bagi pemula, Anda bisa mulai berlatih menanam tanaman secara hidroponik dengan harga murah yakni Rp100.000 di aplikasi belanja online, sebelum memulai bisnis tersebut. Peralatan set irigasi tanaman hidroponik juga sangat mudah bahkan selang air bisa mencapai 25 meter.

Ada beberapa media tanam yang bisa coba digunakan hidroponik:

  1. Gabus atau styrofoam
  2. Spons
  3. Kapas
  4. Rockwool
  5. Sabut kelapa
  6. Arang sekam
  7. Batang pakis

Ketua RW 05, Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara Nurus Shobah mengungkapkan permintaan sayuran hijau di sangat tinggi. Dia juga bersama ibu-ibu PKK dan pengurus masjid melakukan kegiatan tanaman. Dia mengungkapkan tanaman yang paling banyak ditanam dan juga diminati di Jakarta yakni kangkung dan pakcoy.

"Kangkung paling banyak dikonsumsi di Jakarta. Permintaan pasar kangkung hidroponik juga sangat besar," ungkapnya.

Selain kangkung, katanya, selada juga sering dicari oleh restoran dan ibu rumah tangga. Tanaman selada hidroponik tumbuh sangat cepat. Menurutnya, kelebihan tanaman hidroponik yakni petani bisa mengatur kebutuhan nutrisi.

Pada masa pandemi, Nurus mengungkapkan warganya mendapatkan CSR dari BRI untuk kegiatan di rooftop masjid hingga Rp100 juta. Bantuan tersebut digunakan untuk kebutuhan peralatan hidroponik, pipa, tiang, media tanam dan bibit.  Dia mengungkapkan ada 4 orang yang rutin mengurus tanaman hidroponik setiap hari.

Nurus menambahkan bahwa kegiatan hidroponik ini telah menambah kas masjid setidaknya Rp2 juta per bulan, dan memberikan upah kepada 4 orang yang mengurus tanaman di rooftop. Dia menambahkan untuk bercocok tanam  hidroponik dibutuhkan ketekunan, agar nutrisi sayur tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper