Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Finansial Buat Anda yang Berusia 20 Tahunan agar Tidak Terlilit Utang

Semakin Anda cepat menabung untuk masa pensiun, maka tentunya hal ini akan semakin baik untuk Anda, untuk hidup sesuai dengan keinginan atau rencana Anda.
Ilustrasi cara menabung DP rumah/Freepik
Ilustrasi cara menabung DP rumah/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Umur 20-an menjadi awal yang baik untuk Anda, untuk membangun finansial yang sehat.

Anda dapat mencoba untuk memanfaatkan uang Anda dengan efektif dan maksimal, dan tentunya dapat menjadi manfaat untuk di masa depan.

Lantas, tips finansial apa yang bisa Anda terapkan di umur 20-an Anda?

1. Hindari kartu kredit

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan keuangan Anda secara finansial adalah menghindari hutang kartu kredit. Pastikan Anda telah memiliki uang sebelum mengajukan pinjaman.

2. Hanya pinjam yang Anda butuhkan untuk pendidikan

Meskipun Anda perlu meminjam untuk mendanai pendidikan Anda, namun jangan mengambil lebih dari yang Anda butuhkan. Perlu diketahui bahwa semakin kecil hutang Anda, maka akan semakin lebih baik.

3. Bayar tagihan Anda tepat waktu

Semakin Anda dewasa, maka Anda harus lebih bertanggung jawab atas diri Anda sendiri. Untuk itu Anda perlu membayar semua tagihan Anda tepat waktu.

4. Bukalah rekening untuk tabungan

Carilah rekening tabungan yang dapat menawarkan Anda untuk mendapatkan pengembalian yang tinggi. Namun pastikan untuk melihat apakah instansi tersebut sudah valid dan terdaftar.

5. Bukalah akun untuk pensiun

Semakin Anda cepat untuk menabung untuk masa pensiun, maka tentunya hal ini akan semakin baik untuk Anda, untuk hidup sesuai dengan keinginan atau rencana Anda.

6. Belajar berinvestasi

Belajarlah bagaimana untuk memanfaatkan uang Anda untuk meningkatkan pengembalian Anda, dan menggunakan saham dividen untuk keuntungan Anda.

Ketika Anda memahami dasar-dasar dari investasi, maka Anda akan lebih mampu untuk memangun kejayaan dari waktu ke waktu.

7. Cobalah untuk mengikuti asuransi

Anda mungkin akan mendapatkan asuransi jiwa yang lebih baik saat Anda masih muda dan sehat. Untuk itu, dengan mencoba untuk mendapatkan asuransi jiwa di masa kini dapat menjadi cara yang lebih baik.

8. Kembangkan keterampilan yang dapat dipasarkan

Pertimbangkan keterampilan apa yang dapat Anda kembangkan dan dapat diminati. Banyak juga sertifikasi yang dapat memberikan Anda pekerjaan yang baik tanpa menempuh pendidikan selama empat tahun.

9. Pertimbangkan mencari pekerjaan sampingan

Usaha sampingan dapat membantu Anda untuk mendiversifikasi penghasilan Anda. Hal ini dapat menjadi solusi untuk menghadapi kondisi ekonomi yang bisa saja sulit.

10. Berikan kepada orang lain

Keuangan yang menyeluruh juga termasuk dengan upaya untuk membantu orang lain. Anda dapat menyumbangkannya untuk amal, menjadi sukarelawan, memberikan waktu Anda, uang Anda ataupun usaha Anda. Hal ini juga dapat membuka peluang baru bagi Anda.

11. Mulai membangun jaringan

Selain mengembangkan keterampilan, maka akan menjadi penting juga dalam pemasaran Anda untuk karir kedepannya. Anda dapat membangun hubungan dari sekarang yang nantinya dapat membantu Anda nanti.

12. Pasang prioritas Anda

Pikirkan tentang apa yang Anda perlu hargai dan yang penting untuk Anda. Tetapkanlah prioritas untuk pengeluaran Anda dan bagimana cara Anda untuk menggunakan uang Anda.

13. Buatlah rencana pengeluaran ataupun anggaran

Susunlah rencana untuk uang Anda. Buatlah rencana untuk pengeluaran atau anggaran Anda sesuai dengan prioritas. Pahami arus kas Anda untuk mengetahui berapa banyak uang yang masuk, dan pengeluaran yang perlu untuk dibayar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper