Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Suasana pabrik baja Jindal Stailess Ltd. di Hisar, Haryana, India. (Udit Kulshrestha - Bloomberg)
Lihat Foto
Premium

Savitri Jindal, Ibu Paling Tajir dari Negeri Bollywood

Savitri Jindal bertransformasi dari seorang ibu rumah tangga menjadi salah satu perempuan paling tajir di India setelah mewarisi O.P. Jindal Group.
Nindya Aldila, Sri Mas Sari, & Dwi Nicken Tari
Nindya Aldila, Sri Mas Sari, & Dwi Nicken Tari - Bisnis.com
27 Mei 2022 | 10:21 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang ibu rumah tangga setengah baya di India bernama Savitri Jindai tiba-tiba harus memegang pucuk kepemimpinan konglomerasi di sektor industri manufaktur dan energi Jindal Group di India setelah suaminya meninggal dunia. Sontak, dia pun menjadi salah satu perempuan paling tajir di Negeri Bollywood saat ini.

Pebisnis dan politikus Savitri Jindal (72) menjadi wanita terkaya dari India setelah mendiang Om Prakash Jindal mewariskan O.P. Jindal Group yang bernilai US$18 miliar kepadanya bersama sembilan anaknya.

Kekayaan Jindal mayoritas berasal dari kepemilikan keluarganya di O.P. Jindal Group. Perusahaan yang berbasis di New Delhi ini mengoperasikan bisnis baja, tambang, dan pembangkit listrik. Perusahaan ini juga memiliki saham di beberapa perusahaan yang memimpin di bidangnya, seperti JSW Steel, Jindal Steel & Power, JSW Energy, Jindal Saw, Jindal Stainless dan perusahaan investasi JSW Holdings.

Om Prakash yang merupakan menteri kelistrikan di negara bagian Haryana tewas dalam kecelakaan helikopter pada 2005. Dia yang lahir dari keluarga petani di Desa Nalwa, Haryana, India Utara, mendirikan O.P. Jindal Group pada 1952.

Ayah Savitri mengatur perjodohannya dengan Om Prakash ketika dia masih berumur 15 tahun pada dekade 1970. Bagi Om Prakash, ini adalah pernikahan kedua setelah istri pertamanya, Vidya Devi, yang tak lain adalah kakak Savitri, meninggal dunia. Tak heran keduanya memiliki jarak umur yang cukup jauh, yakni sekitar 20 tahun. Empat putranya, yakni Prithvi, Sajjan, Ratan, dan Naveen, ikut mengelola bisnisnya secara independen.

Ayah mereka telah merancang pembagian kepemilikan, yakni masing-masing dari keempat putranya akan memegang 20 persen dari kepemilikan saham keluarga di setiap perusahaan. Adapun, sisanya sebesar 20 persen akan Savitri pegang.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top