Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Ide Bisnis Rumahan untuk dapat Penghasilan Tambahan

Berikut beberapa usaha sampingan yang bisa Anda pertimbangkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Ilustrasi/Djarumfoundation
Ilustrasi/Djarumfoundation

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika seseorang berbicara tentang memulai bisnis baru, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah investasi yang harus Anda lakukan, belum lagi usaha dan energi yang akan dikeluarkan untuk itu.

Mencari beberapa ide bisnis mudah yang dapat Anda mulai dari rumah untuk mendapatkan uang tambahan? Berikut beberapa usaha sampingan yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Merancang Situs Web

Merancang situs web adalah bisnis rumahan yang hebat yang dapat dimulai oleh siapa saja yang memiliki pemahaman dasar tentang desain dan situs web. Namun, meskipun Anda tidak memiliki keterampilan tersebut, ada banyak kursus dan video gratis yang tersedia di YouTube, sehingga Anda dapat mulai mempelajari keterampilan ini.

Selain itu, jika Anda memutuskan untuk menjadi perancang situs web WordPress atau Wix, Anda bahkan tidak perlu mempelajari cara membuat kode. Keterampilan itu hanya penting jika Anda ingin membuat situs web khusus untuk klien.

Sebagai perancang situs web, tugas utama Anda adalah mengembangkan situs web baru, mengedit situs web yang sudah ada sesuai kebutuhan pelanggan Anda, atau memberikan dukungan berkelanjutan kepada klien Anda dengan situs web mereka saat mereka mengembangkan bisnis mereka. Plus, memulainya cukup mudah, yang Anda butuhkan hanyalah sistem komputer dan koneksi internet.

2. Pemasaran Afiliasi

Model bisnis rumahan investasi minimum lainnya adalah pemasaran afiliasi. Di sini, tugas Anda adalah memasarkan produk orang lain, dan jika orang membelinya dari tautan Anda, Anda mendapat komisi. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda tidak ingin khawatir tentang menyimpan stok produk di tempat Anda, menyewa ruang untuk itu, dan pengiriman drop.

Namun, untuk membangun bisnis yang menguntungkan di bidang ini, Anda harus memilih ceruk, membangun audiens, mendapatkan kepercayaan mereka, dan menyarankan produk yang tepat untuk dibeli. Anda dapat membuat situs web dan menulis ringkasan produk, panduan pembelian, dan ulasan produk, serta membantu orang membuat keputusan yang tepat tentang produk apa yang tepat untuk mereka. Sementara itu, Anda dapat menyarankan mereka melakukan pembelian menggunakan tautan Anda, karena Anda akan mendapatkan komisi dari tautan tersebut.

3.  Instruktur Tari Virtual

Menjadi instruktur tari virtual adalah ide bisnis rumahan yang hebat. Salah satu kelebihannya adalah Anda tidak perlu menginvestasikan ruang studio yang besar, yang dapat menampung pertemuan siswa Anda. Selain mengadakan kelas reguler, Anda dapat membuat pelajaran atau kursus satu kali untuk siswa Anda dan menjualnya di situs web Anda. Itu akan menambah penghasilan pasif Anda.

Satu-satunya alat yang Anda perlukan untuk memulai bisnis rumahan ini adalah kamera yang bagus, webcam, sistem komputer, akses internet, dan perangkat lunak pengeditan video . Kemudian, Anda bisa mendapatkan hal-hal penting lainnya seperti layar splash seragam untuk membangun merek saat Anda pergi dan tampil sebagai profesional kepada klien Anda.

Selain itu, saat membuat kursus atau pelajaran satu kali, alih-alih berinvestasi dalam kamera kelas atas , Anda dapat menyewanya dengan harga yang lebih murah dan mengembalikannya saat pekerjaan Anda selesai. Manfaat lain dari bisnis ini adalah karena semuanya virtual dan lokasi tidak menjadi masalah, Anda dapat membawa bisnis Anda secara global dan berskala saat Anda berjalan.

Namun, Anda harus belajar dan menghabiskan waktu dan uang untuk pemasaran untuk melakukan ini. Tetapi sekali lagi, Anda tidak perlu melakukan investasi besar pada tahap awal, karena Anda dapat memulai dengan akun media sosial gratis.

4. Pelatih Pribadi

Menurut sebuah laporan , pasar kebugaran virtual global diproyeksikan tumbuh sebesar 33% dari 2020 hingga 2027, dengan nilai hampir 60 juta dolar. Oleh karena itu, ini adalah pilihan bagus lainnya untuk bisnis rumahan. Mirip dengan menjadi pelatih tari online, Anda juga dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan cara ini.

Plus, dengan popularitas media sosial akhir-akhir ini, memulai pemasaran bisa sesederhana membuat akun Instagram baru dan mulai membangun audiens. Anda dapat menarik semua orang yang mencari pelatih pribadi tetapi tinggal di daerah terpencil atau memiliki jadwal sibuk.

Secara bertahap, ketika bisnis ini mulai berkembang, Anda dapat menyewa lebih banyak pelatih kebugaran untuk menangani banyak klien dan berinvestasi dalam peralatan yang lebih baik.

5. Penulis Freelance

Penulis lepas adalah pilihan bagus lainnya untuk bisnis rumahan. Dalam hal ini, Anda harus menulis artikel, blog, e-book, atau lebih untuk klien Anda. Anda tidak perlu menjadi penulis hebat untuk ini. Sebagai gantinya, Anda hanya perlu pemahaman dasar tentang bahasa Inggris, tata bahasa, dan niche yang ingin Anda tulis.

Setelah diputuskan, Anda dapat membuat portofolio dengan menerbitkan artikel di platform gratis seperti Medium atau LinkedIn dan mulai menarik klien. Beberapa cara hebat untuk mendapatkan pekerjaan lepas berbayar adalah melamar ke papan pekerjaan, menghubungi perekrut di LinkedIn, berjejaring, atau sekadar bertanya kepada teman, anggota keluarga, atau bisnis lokal di kota Anda apakah mereka memerlukan konten apa pun untuk bisnis online mereka.

Selain itu, ada beberapa blog dan kursus tentang freelance yang dapat Anda gunakan untuk mempelajarinya lebih lanjut. Mereka akan mengajari Anda dasar-dasar lepas, cara mendapatkan klien berbayar pertama Anda, dan meningkatkan skala bisnis Anda seiring berjalannya waktu. Satu-satunya alat yang Anda butuhkan untuk memulai adalah sistem komputer, akses internet, dan ruang yang tenang untuk bekerja.

6.  Freelance Copywriter

Bentuk bisnis ini mirip dengan penulisan lepas. Namun, dalam hal ini, Anda harus menulis salinan iklan, salinan halaman arahan, buletin email, atau posting media sosial, dan tujuan utama Anda adalah mendapatkan lebih banyak penjualan untuk klien Anda.

Sebagai copywriter lepas, Anda dapat mengenakan biaya lebih dari apa yang akan Anda bayar sebagai penulis lepas, tetapi itu datang dengan tanggung jawab besar—Anda harus mendapatkan hasil untuk klien Anda. Oleh karena itu, merupakan ide bagus untuk berinvestasi terlebih dahulu dalam kursus copywriting yang bagus atau mendapatkan mentor sebelum Anda mulai menawarkan layanan ini.

Pada awalnya, Anda dapat mempertimbangkan menulis untuk klien bergaji rendah dan meminta mereka untuk membagikan hasil yang mereka peroleh dari tulisan Anda, yang dapat Anda tunjukkan kepada klien potensial baru untuk membebankan biaya tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Robby Fathan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper