Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Cara Mempromosikan Produk, Strategi Berjualan Paling Efektif

Berikut strategi atau cara mempromosikan produk yang dinilai paling efektif untuk berjualan. Kamu bisa mencoba menerapkan tujuh strategi ini.
Cara mempromosikan produk/iStockphoto
Cara mempromosikan produk/iStockphoto

Bisnis.com, JAKARTA - Promo produk banyak dinantikan oleh para calon pembeli. Oleh karena itu, banyak brand yang berlomba-lomba untuk memberikan promo menarik dan diskon besar-besaran sehingga penjualan mereka bisa meningkat. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara mempromosikan produk lainnya agar jualan kamu laris. 

Dengan banyak brand yang menawarkan promosi, bisnis pun tidak bisa hanya sekedar menawarkan promo berupa potongan harga. Diperlukan trik dan upaya tertentu untuk bisa menarik pelanggan agar memilih untuk membeli produk kamu dibandingkan kompetitor. 

Cara Mempromosikan Produk untuk Menarik Konsumen:

1. Memberikan Diskon Menarik

Cara mempromosikan produk yang pertama adalah dengan memberikan diskon. Diskon merupakan salah satu cara menarik pelanggan yang banyak digunakan berbagai bisnis dan usaha. Dalam membeli sebuah produk, harga juga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan oleh konsumen. Oleh karena itu, memberikan diskon bisa membuat konsumen lebih tertarik untuk melakukan pembelian. 

2. Promosikan Melalui Blog

Blog memungkinkan kamu untuk melakukan promosi secara halus atau soft selling tentang produk, sekaligus memberikan informasi berharga dan menambah nilai produk atau brand. Konten yang Panjang dan detail tentang produk yang kamu tulis di blog bisa menjadi sumber informasi yang kredibel bagi konsumen atau calon pembeli. 

3. Bekerja Sama dengan Influencer

Untuk meningkatkan visibilitas, kamu bisa bekerja sama dengan influencer. Tidak harus langsung influencer yang besar, mulai dari influencer kecil juga bisa. Review positif dari influencer juga bisa membantu dalam promosi produk, apalagi jika brand kamu belum memiliki banyak pengikut di media sosial atau belum diketahui banyak orang. Namun cara mempromosikan produk satu ini memerlukan biaya ekstra untuk kerja samanya.

4. Mengadakan Giveaway

Selain diskon, pelanggan juga menyukai hadiah gratis. Maka dari itu, cara mempromosikan produk juga bisa dilakukan dengan giveaway atau bagi-bagi hadiah gratis kepada konsumen yang mempromosikan produk. Pelanggan tertentu akan merasa senang bisa mendapatkan produk baru atau produk yang kamu tawarkan tanpa mengeluarkan uang atau gratis. 

5. Membuat Konsep yang Unik

Sebenarnya untuk mempromosikan produk, kamu bisa membuat konsep yang unik tidak hanya sekedar memberikan diskon saja. Contohnya seperti kamu memberikan diskon khusus sesuai dengan pelanggan kamu yang sedang berulang tahun atau dengan memberikan promo produk bundling. 

6. Memberikan Promo Paket Bundling

Mungkin tidak hanya satu atau dua orang saja yang menerapkan cara promosi ini, tapi tidak ada salahnya kamu untuk mencoba membuat promosi bundling. Biasanya pebisnis akan menjual barang bersamaan dalam bentuk paket, apalagi jika kamu jualan di marketplace. Tapi yang menjadi masalah kebanyakan penjual online Ketika memakai strategi pemasaran bundle adalah sulitnya menghitung stok barang. 

7. Memberikan Batas Waktu

Selanjutnya, cara mempromosikan produk adalah memberikan batas waktu. Karena dengan adanya batas waktu membuat pelanggan kamu merasa untuk cepat-cepat membeli produk kamu agar tidak kehabisan. Batasan waktu ini bisa kamu perkirakan apakah harian, mingguan atau bulanan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan batas konsumen yang mendapatkan promo. 

8. Contoh Mempromosikan Produk

  • Gratis ongkir
    Gratis biaya ongkos kirim merupakan cara efektif untuk meningkatkan penjualan. Promosi ini banyak ditunggu pelanggan agar bisa melakukan penghematan dari sisi ekspedisi barang. 

Contohnya seperti: “Belanja minimal Rp150.000, gratis ongkir ke seluruh Indonesia” 

  • Cashback 
    Promosi produk yang satu ini berbentuk uang tunai. Jadi Ketika pelanggan selesai melakukan pembelian, mereka akan mendapatkan uang tunai atau poin yang bisa digunakan kembali untuk belanja. 

Contohnya seperti: “Jika kamu melakukan pembelian hari ini, kamu berkesempatan untuk mendapat cashback maksimal Rp.50.000” 

Itulah beberapa cara mempromosikan produk yang bisa kamu coba agar makin laku. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler