Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kevin Anggara Beberkan Kiat Sukses jadi Kreator Konten di Festival Literasi Digital

Kreator konten telah menjadi salah satu pekerjaan impian di tengah demam media sosial seiring dengan pesatnya perkembangan digitalisasi.
Bisnis Indonesia bersama dengan Indosat Ooredoo Hutchison menggelar Festival Literasi Digital di Politeknik Negeri Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Rabu (30/8/2023)/JIBI
Bisnis Indonesia bersama dengan Indosat Ooredoo Hutchison menggelar Festival Literasi Digital di Politeknik Negeri Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Rabu (30/8/2023)/JIBI

Bisnis.com, KUPANG - Kreator konten telah menjadi salah satu pekerjaan impian di tengah demam media sosial seiring dengan pesatnya perkembangan arus informasi dan komunikasi.

Kehadiran internet dalam beberapa dekade terakhir mendorong bibit-bibit kreator konten dengan segudang inovasi dan kreasi. Julukan kreator konten bahkan telah menjadi pekerjaan yang menjanjikan dengan nominal penghasilan yang cukup besar.

Dalam Festival Literasi Digital yang mengangkat tema Saatnya Nusra Makin Digital, Go Viral Go Internasional yang digelar Bisnis Indonesia bersama dengan Indosat Ooredoo Hutchison, para generasi muda Nusa Tenggara Timur diberikan bekal untuk lebih menangkap peluang dari hadirnya digitalisasi di daerahnya.

Acara yang digelar di Politeknik Negeri Kupang dan Universitas Nusa Cendana pada 30-31 Agustus 2023 itu bertujuan untuk memberikan literasi digital terhadap generasi Z di Nusa Tenggara Timur.

Kreator Konten YouTube, Kevin Anggara membeberkan terdapat beberapa kiat kunci yang dapat dilakukan untuk bisa menggeluti bidang industri kreatif ini.

Menurutnya, para calon kreator konten perlu mengetahui perasaan antusias dan semangat pada suatu hal. Hal itu disebut dapat menjadi bekal utama untuk menjadi kreator konten.

Selain itu, Kevin menuturkan, kreator konten harus menentukan tujuan dari pembuatan konten-konten yang akan diunggah dalam media sosial atau kanal YouTube.

"Ketika sudah menetapkan tujuan dalam berkarya, ibaratnya rel di kereta api, jadi jalan sesuai tujuannya ga keluar jalur," ujarnya pada Rabu (30/8/2023).

Kevin menambahkan, perlu adanya proses pembentukan persepsi publik atas identitas yang akan ditampilkan pada setiap konten yang diunggah.

Selain membantu algoritma dalam media sosial, persepsi publik akan menjadi identitas yang dapat diingat oleh khalayak.

"Kalau content creator, tidak akan terlalu peduli dengan algoritma, karena tugasnya membuat konten, karena setiap konten ada penontonnya masing-masing, kalau kontennya bagus akan menemui penontonya sendiri," ungkapnya.

Sementara itu, Influncer asal Kupang, Trimarissa Dillak menuturkan hal perlu diketahui sebelum membuat konten adalah arah yang akan dituju terhadap ide yang akan dibuat.

Menurutnya, setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga diperlukan adanya fokus khlayak yang akan dituju.

Dia mengungkapkan, konten kreator harus mampu menemukan karakter, sehingga dapat menjadi pembeda dengan konten kreator-konten kreator lainnya.

"Karakter sangat perlu karena jika karena karakter sudah terbentuk maka akan terbaka algoritma, coba kemas lebih singkat lagi supaya padat dan lebih paham, jadi punya insight, lebih terbaca," tuturnya.

Selain itu, diperlukan konsisten dalam setiap pengunggahan konten. Menurutnya, setiap konten kreator harus dapat menyisihkan waktu luang untuk memikirkan ide konten yang akan dibuat agar tetap dapat konsisten.

"Memang sulit, tapi itu harus dilakukan secara konsisten," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper