Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Tips Menjadi Jutawan di Usia Muda

Kamu bisa mengisi masa muda dengan bekerja secara ekstra untuk mengeksplor seluruh bakat dan kemampuan.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi jutawan di usia muda merupakan impian bagi banyak orang. Semua orang berhak dan mampu menjadi jutawan dengan segala kemampuan yang dimiliki.

Jika Anda tertarik menjadi jutawan, silahkan simak beberapa tips yang tepat supaya menjadi jutawan di usia muda. Dilansir dari ramseysolutions.com, Kamis (27/6/2024) masa muda harus dihabiskan dengan berbagai cara dan pengalaman yang menguntungkan.

Anda dapat mengisi aktivitas di masa muda dengan bekerja secara ekstra untuk mengeksplor seluruh bakat dan kemampuan. Jika terdapat peluang untuk bekerja paruh waktu, menjadi volunteer, maupun aktivitas lainnya, Anda dapat mengambil kesempatan tersebut untuk menghasilkan uang dan banyak pengalaman yang dapat dipetik untuk masa depan. 

Simak 7 tips sukses menjadi jutawan di usia muda:

1. Hidup minimalis

Menerapkan hidup minimalis di usia muda menjadi salah satu komponen terpenting di dalam kehidupan. Disaat orang lain fokus terhadap gaya hidup yang hedon dan berlebih, Anda harus mampu hidup dengan sederhana serta minimalis.

Hidup secara minimalis membuat Anda menjadi lebih  hemat, dan segala list kebutuhan dapat terstruktur dengan baik. Anda akan belajar mengenai cara menghemat kebutuhan, meminimalisir bujet untuk bersenang-senang, dan mengutamakan kehidupan yang layak dan sederhana.

Ini menjadi salah satu peluang yang harus dimanfaatkan supaya keinginan untuk menjadi jutawan di usia muda, dapat terlaksana dengan baik.

2. Utamakan menabung

Menabung merupakan salah satu tindakan yang dapat membawa keberuntungan dalam jangka panjang. Di usia muda, Anda dapat menabung dan menyisihkan uang jajan sebagai modal untuk kehidupan di masa depan. Perilaku menabung dapat diterapkan sejak dini, untuk menghasilkan pribadi yang mandiri dan siap menghasilkan pundi-pundi kekayaan secara tepat.

3. Hindari risiko besar terhadap uang

Seorang jutawan tentunya memiliki pemahaman terkait risiko dan menjaga keamanan finansial secara tepat. Saat usia muda, Anda harus menghindari risiko besar yang berkaitan dengan keuangan seperti membeli saham, maupun terjun dalam dunia kripto. 

Jika Anda tidak memiliki pemahaman dan keberanian yang cukup, sebaiknya hindari hal tersebut untuk menghindari kerugian dalam jumlah besar.

Anda belum memiliki akses dan pengalaman yang tepat untuk terjun secara langsung di dalam dunia pasar saham tersebut. Sebaiknya fokus terhadap pengembangan diri dan berani memulai bisnis, supaya impian untuk menjadi jutawan dapat tercapai di waktu yang tepat.

4. Ikuti Baby Step

Baby Step merupakan salah satu metode yang digagas oleh Dave Ramsey. Metode ini menerapkan 7 cara terkait pengumpulan uang, dengan cara:

  • Melunasi semua utang (kecuali rumah)
  • Hemat biaya 3-6 bulan dalam dana darurat yang didanai penuh
  • Investasikan 15% dari pendapatan rumah tangga Anda di masa pensiun.
  • Simpan untuk dana kuliah anak-anak Anda.
  • Bayar rumah Anda lebih awal
  • Membangun kekayaan dan memberi

5. Hindari penggunaan kartu kredit

Penggunaan kartu kredit dapat digunakan ketika Anda memiliki penghasilan secara tetap. Jika status Anda adalah pelajar dan mahasiswa, sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit untuk mencegah penumpukan utang. 

Kartu kredit akan membuat Anda hidup secara boros dan tidak dapat bertanggung jawab penuh atas kemampuan diri sendiri. Sebaiknya menabung dengan rekening mandiri, dan lakukan beberapa kegiatan yang dapat menghasilkan uang dengan bekerja paruh waktu, dan sebagainya.

6. Hindari utang

Utang adalah penghancur terbesar yang dapat merugikan seseorang. Jika Anda belum memiliki penghasilan yang tepat, sebaiknya hindari utang dalam bentuk apapun. Masa muda sebaiknya dilakukan untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya, supaya jenjang karir dapat terbuka lebar dan menjadi salah satu jembatan yang membuat Anda satu langkah lebih dekat dengan kekayaan.

7. Sisihkan 15% uang jajan

Menyisihkan 15% uang jajan, membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup di masa yang akan datang. Jika Anda mampu menghasilkan pundi-pundi uang dengan cara bekerja, sebaiknya sisihkan uang tersebut sebesar 15% untuk kepentingan menabung.

Dari hasil tabungan itulah yang akan membuat Anda menjadi kaya dan memiliki cadangan dana untuk terus melanjutkan hidup hingga masa tua. (Maharani Dwi Puspita Sari)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler