Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kekayaan 50 Taipan Terkaya di Singapura Naik Jadi US$195 Miliar

50 taipan terkaya di Singapura sukses mencetak total kekayaan US$195 miliar
Suasana di Bandara Changi, Singapura/Bisnis-Annisa S. Rini
Suasana di Bandara Changi, Singapura/Bisnis-Annisa S. Rini

Bisnis.com, JAKARTA -Pasar saham di Singapura naik karena berbagai sentimen positif salah satunya tur Eras Taylor Swift dan dilantiknya Lawrence Wong, sebagai perdana menteri pada bulan Mei.

Naiknya harga saham membuat kekayaan bersih kolektif 50 taipan terkaya di negara ini meningkat lebih dari 10% menjadi $195 miliar.

Dilansir dari Forbes, kekayaan hampir dua pertiga taipan terkaya di Singapura meningkat dibandingkan tahun lalu.

Peraih dolar terbesar adalah Eduardo Saverin, salah satu pendiri Meta Platforms (sebelumnya Facebook) dan sudah lama tinggal di Singapura, yang menempati posisi No. 1 selama dua tahun berturut-turut.

Dia menambahkan kekayaan US$13 miliar yang menjadikan kekayaan bersihnya mencapai rekor US$29 miliar karena saham Meta, yang banyak berinvestasi di AI, terus mengalami peningkatan.

Meskipun kekayaan gabungan mereka turun sedikit menjadi US$14,4 miliar, saudara kandung Robert & Philip Ng dari raksasa properti Far East Organization mempertahankan posisi kedua.

Raja real estat Kwek Leng Beng, yang menjadi berita utama tahun ini dengan pembelian tepat waktu atas hotel ikonik Hilton Paris Opera, menjelang Olimpiade 2024, naik satu tingkat ke peringkat 4 dengan kekayaan bersih $11,5 miliar, yang ia bagikan dengan keluarganya.

Perubahan penting dalam peringkat sepuluh besar adalah masuknya keluarga Wee, yang terdiri dari pewaris raksasa perbankan Wee Cho Yaw yang merupakan ketua emeritus United Overseas Bank (UOB).

Dia meninggal pada bulan Februari pada usia 95 tahun. Putra tertua Wee, Wee Ee Cheong, adalah wakil ketua dan CEO UOB; putra Wee Ee Chao adalah ketua pembuat Tiger Balm Haw Par dan pialang UOB Kay Hian; dan putra bungsunya, Wee Ee Lim, adalah ketua pengembang properti terdaftar UOL Group.

Tiga orang, yang kekayaannya terkait dengan Sea yang terdaftar di New York, mendapat dorongan besar ketika perusahaan e-commerce, hiburan digital, dan fintech lokal yang mereka dirikan memperoleh keuntungan untuk pertama kalinya pada tahun 2023 sejak IPO tujuh tahun lalu dan sahamnya meningkat dari dua kali lipat dalam 12 bulan terakhir.

Chairman dan CEO Forrest Li melonjak enam tingkat ke posisi 12 dengan $5 miliar dan chief operating officer Gang Ye naik ke posisi 16 dengan $3,1 miliar.

David Chen, chief product officer dari perusahaan e-commerce yang berkembang pesat, Shopee, kembali menduduki peringkat tersebut setelah jeda satu tahun dan berada di peringkat ke-50 dengan pendapatan sebesar $870 juta.

Ada dua wajah baru lagi tahun ini: pengusaha hotel kelahiran Tiongkok dan warga negara Singapura Ji Qi, salah satu pendiri situs pemesanan perjalanan Trip.com, yang mendirikan H World Group pada tahun 2005 dan mengembangkannya menjadi jaringan lebih dari 10.000 hotel.

Pendatang baru lainnya adalah mantan manajer hedge fund George Raymond Zage III, seorang ekspatriat lain yang menjadi warga negara, yang memperoleh sebagian besar kekayaannya sebesar $900 juta dari saham di aplikasi kencan LGBTQ Grindr, yang terdaftar di Bursa Efek New York pada tahun 2022 setelah a merger dengan perusahaan akuisisi bertujuan khusus miliknya.

Kekayaan sepuluh orang yang terdaftar terkena dampaknya dan yang paling menonjol di antara kelompok ini adalah suami-istri Zhang Yong & Shu Ping, yang jaringan hotpotnya Haidilao International Holding mengalami penurunan saham sebesar 45% di tengah lemahnya belanja konsumen di Tiongkok.

Ada tiga penurunan tahun ini karena kekayaan bersih minimum meningkat ke rekor $870 juta dari $750 juta.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper