Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BJ HABIBIE: Mau Sukses Wirausaha, Cintai 3 Hal Ini

JAKARTA: Mantan presiden B.J. Habibie membagi cinta dalam tiga kategori yang bisa bisa menimbulkan sinergi positif untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan.Cinta kelompok pertama ialah mencintai sesama manusia. Dalam kelompok ini, ialah fase mambangun

JAKARTA: Mantan presiden B.J. Habibie membagi cinta dalam tiga kategori yang bisa bisa menimbulkan sinergi positif untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Cinta kelompok pertama ialah mencintai sesama manusia. Dalam kelompok ini, ialah fase mambangun hubungan baik sesama manusia.

Cinta dalam kelompok dua ialah mencintai karya manusia. Pada fase ini, semangat kewirausahaan mulai muncul.

"Bank Mandiri memanfaatkan kelompok cinta nomor dua ini untuk menumbuhkan kewirausahaan melalui program Wirausaha Muda Mandiri," katanya, dalam kuliah umum program Wirausaha Muda Mandiri, Kamis (17/1/2013).

Dia mengatakan dengan mencintai karya manusia akan membuat masyarakat menjadi inovatif, sehingga bisa menciptakan pekerjaan, bukan mencari pekerjaan.

Cinta kategori ketiga ialah mencintai apa yang dikerjakan.

"Itulah rahasia Habibie dan Ainun dalam membangun kehidupan dari nol di Jerman," katanya.

Cinta, lanjutnya, membuat Habibie dan Ainun bisa berkembang dan sukses dalam karir dan kehidupan di Jerman yang persaingannya ketat.

"Bayangkan, dalam 10 tahun setelah menikah, saya bisa membeli rumah dengan halaman seluas 10 hektare. Tiga tahun kemudian, saya punya jet pribadi. Inilah sinergi positif yang lahir dari cinta," katanya. (bas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper