Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenperin Rekrut 340 CPNS, Registrasi 16-25 September

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka kesempatan bagi 340 orang untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kemenperin.Kepala Biro Kepegawaian Kemenperin Agus Mundiyono mengatakan rekrutmen tersebut terbuka untuk lulusan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka kesempatan bagi 340 orang untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kemenperin.

Kepala Biro Kepegawaian Kemenperin Agus Mundiyono mengatakan rekrutmen tersebut terbuka untuk lulusan Strata 3 (S3), S2, S1 atau setingkat Diploma IV (D.IV), D.III atau Sarjana Muda, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Kementerian Perindustrian membutuhkan anak-anak muda yang memiliki kompetensi sekaligus berintegritas tinggi untuk membangun Negara dan bangsa serta melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan,” katanya dalam siaran pers, Kamis (12/9/2013)

Berdasarkan Persetujuan Prinsip Alokasi Formasi CPNS Tahun Anggaran 2013 yang ditetapkan Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, untuk Kementerian Perindustrian dibuka rekrutmen pelamar umum sebanyak 340 Formasi dengan 45 jabatan prioritas.

Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan, antara lain jurusan Teknik Industri, Hubungan Internasional, Hukum, Ekonomi/Manajemen, Desain/Seni Rupa, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi, Teknik Tekstil, Teknik Sipil, Komunikasi, Kimia Analis, Farmasi, Fisika, Matematika, Psikologi, dan Akuntasi.

Dia mengatakan pelamar harus memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan nilai TOEFL minimal 475 khusus jenjang pendidikan D IV, S1, S2, dan S3.

Batas usia pelamar untuk tingkat SMK maksimal 22 tahun, D.III/Sarjana Muda maksimal 25 tahun, D.IV atau S1 maksimal 28 tahun, S2 maksimal 30 tahun, dan S3 maksimal 35 tahun.

"Persyaratan Indeks Prestasi [IP] untuk S2 minimal IPK 3,25, S1/D.IV/D III minimal IPK 2,75, dan untuk SMK minimal nilai rata-rata Ujian Akhir Nasional (UAN) 7,0," ujarnya.

Selain itu jenjang Pendidikan S3, S2, S1 dan D.IV harus Akreditasi A, kecuali untuk bidang studi yang belum ada Akreditasi A di seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia minimal Akreditasi B.

Sedangkan, minimal Akreditasi B bagi Perguruan Tinggi Negeri di luar Pulau Jawa dan Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian.

Untuk jenjang pendidikan D.III minimal Akreditasi B atau minimal terakreditasi untuk bidang teknologi industri kulit, dan jenjang Pendidikan SMK harus Akreditasi A.

Sementara itu, persyaratan dokumen validasi yang dibutuhkan, antara lain formulir pendaftaran dari hasil cetakan pendaftaran online, fotokopi ijazah terakhir/STTB yang telah disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang beserta transkripnya, akreditasi SMK dan perguruan tinggi, pas foto 3 x 4 sebanyak 3 lembar dengan latar belakang warna merah, serta fotokopi KTP.

Dia menjelaskan pengumuman melalui media cetak dan website Kemenperin dilakukan pada 11 - 25 September 2013,  Registrasi Online di website Kemenperin pada 16-25 September 2013, Ujian Online di website Kemenperin pada 28 September 2013.

Sedangkan Validasi dokumen persyaratan administrasi dilakukan pada 7 - 12 Oktober 2013, ujian tes kompetensi dasar (TKD) dengan lembar jawaban komputer (UK) pada 3 November 2013, ujian tes kompetensi bidang (TKB) seperti psikotest, wawancara dan tes kemampuan mengajar bagi formasi dosen, guru dan instruktur dilakukan pada 18 November 2013.

"Keterangan lebih lengkap perihal rekrutmen dapat diakses di rekrutmen.kemenperin.go.id," imbuhnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper