Rekor MURI, Pertamina dan TNI AD Menabung 20 Juta Pohon Sehari

PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Menabung 20 juta pohon secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 21 November 2013  |  15:46 WIB

Bisnis.com, MANOKWARI - PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Menabung 20 juta pohon secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Kegiatan yang dipusatkan di areal Yonif Arai 752 Manokwari ini, dipimpin langsung oleh Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Budiman.

Penanaman pohon dilakukan pada waktu bersamaan (08.00 WIB, 09.00 WITA, dan 10.00 WIT) dan berlangsung selama 24 jam.

Penanaman 20 juta pohon ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Pertamina di bidang lingkungan yang dikerjasamakan dengan TNI AD. Kegiatan penanaman pohon dilakukan di 8.752 lokasi di sekitar wilayah operasi Pertamina dan anak perusahaan di beberapa daerah, meliputi Aceh Besar, Deli Serdang, Kerinci, Tangerang, Garut, Temanggung, Bojonegoro, Tanjung Selor, Mamuju, Karangasem, Sintang, Namlea dan Aceh Besar.

"Kegiatan menabung 20 juta pohon merupakan bagian dari gerakan Menabung 100 Juta Pohon yang menunjukkan komitmen tinggi perusahaan terhadap upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup sekaligus menumbuhkan peluang bernilai ekonomi bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi Pertamina dan anak perusahaan melalui kegiatan tersebut," ujar Dirut Pertamina Karen Agustiawan dalam keterangan pers, Kamis (21/11).

Oleh karena itu, imbuh Karen, kegiatan ini tidak berhenti pada menanam melainkan juga merawat hingga tumbuh dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Dia menjelaskan kegiatan Menabung 20 Juta Pohon serentak selama 24 jam ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia.

"Kami sangat bangga, kendati bukan merupakan tujuan utama, penghargaan MURI untuk kegiatan hasil kerjasama Pertamina dan TNI AD ini menunjukkan bahwa upaya yang telah kami lakukan mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat dan Pertamina berkomitmen untuk melanjutkan Gerakan Menabung 100 Juta Pohon. Bahkan kami melihat, dengan antusiasme masyarakat sukarelawan dan juga TNI AD, kami yakin bisa lebih dari itu,” katanya.

Pertamina mencanangkan Gerakan Menabung 100 Juta Pohon sejak 2012 dan ditargetkan tuntas pada 2015. Total pohon tertanam yang telah terverifikasi hingga 20 November 2013 mencapai 55 juta pohon dan di akhir tahun diperkirakan bisa mencapai 75,3 juta pohon.

Dengan program ini diharapkan dapat mengurangi polusi emisi gas karbon dan menumbuhkan ecopreneur lokal. Adapun, jenis pohon yang ditanam disesuaikan dengan wilayah penanaman, sehingga bisa bertahan hidup dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rekor muri, pt pertamina

Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top