Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dosen & Guru Bisa Ikut Rekrutmen PPPK

Kementerian PAN-RB menyebutkan rekrutment pegawai pemerinah dengan perjanjian kerja dapat diikuti guru dan dosen sebagai salah satu reformasi rekrutmen aparatur sipil negara (ASN).
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian PAN-RB menyebutkan rekrutment pegawai pemerinah dengan perjanjian kerja dapat diikuti guru dan dosen sebagai salah satu reformasi rekrutmen aparatur sipil negara (ASN).

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar berharap guru menjadi target pokok dalam kebijakan Kemendikbud. Menurutnya, guru yang merupakan bagian terbesar dari aparatur sipil negara, sehingga harus memenuhi target kualifikasi.

“Kasihan sama guru yang tidak berkualitas, atau kasihan dengan murid yang nantinya tidak berkualitas ?” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (19/4/2014).

Seiring dengan diundangkannya Undang-Undang No. 5/2014 tentang ASN, Azwar menuturkan guru tidak selalu harus diisi oleh PNS, tetapi bisa juga dari pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengapresiasi kebijakan dalam Undang-Undang ASN  yang melahirkan PPPK, yang diharapkan dapat mengisi kekosongan jabatan yang tidak dapat diisi oleh PNS.

“Undang-Undang ASN memungkinkan masyarakat sipil yang memiliki kompetensi secara profesional, dan memenuhi kualifikasi yang diminta dapat mengikuti rekrutmen PPPK. Termasuk dosen dan guru non PNS,” katanya.

Kemendikbud berkomitmen mendukung kebijakan rekrutmen peningkatan kualitas dan kualifikasi dalam kerjasama pelaksanaan reformasi birokrasi, termasuk proses seleksi CPNS dan penyelesaian masalah kepegawaian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper