Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUSIM KEMARAU: PT Merck Sharp & Dohme Bantu Air Bersih Bagi Warga

Menghadapi musim kemarau dan kekeringan yang melanda sebagian masyarakat Indonesia saat ini, perusahaan farmasi PT Merck Sharp & Dohme (MSD) Indonesia memberikan bantuan air bersih.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Menghadapi musim kemarau dan kekeringan yang melanda sebagian masyarakat Indonesia saat ini, perusahaan farmasi PT Merck Sharp & Dohme (MSD) Indonesia  memberikan bantuan air bersih.

"Bantuan kepada masyarakat terutama di sekitar pabrik kami, seperti untuk warga Dusun Kalitengah, Jawa Timur, berupa pembuatan bak penampungan utama. Hal ini sudah disepakati bersama oleh Kepala Desa dan perwakilan warga," kata Novian Zein, Plant Director MSD, dalam rilisnya yang diterima Jumat (10/10/2014).

Dia menuturkan perusahaan juga telah memberikan donasi untuk pembangunan sumur air tanah. Untuk pembuatan konstruksi sumur air tanah senilai Rp115 juta, dilaksanakan oleh pihak ketiga CV Tirta Buana Sakti. Pembangunannya sudah diselesaikan Juni 2014.

"Pembuatan sumur air tanah ini untuk memberikan suplai air bersih bagi  penduduk sekitar, dan itu melebihi dari persyaratan terkait penerbitan izin SIPA, yakni harus memberikan air bersih kepada penduduk minimal 10% dari debit air," ujarnya. 

Novian menuturkan seusai pembangunan sumur, penduduk dusun mengajukan permintaan tambahan yaitu bak penampungan untuk mendistribusikan air ke rumah warga.

"Mereka mendesak hal itu karena datangnya musim kemarau, dan kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Mempertimbangkan hal tersebut, manajemen berusaha membantu," ungkapnya.

Dia menjelaskan pembuatan sumur dan bak penampung air ini diperkirakan bakal menelan dana senilai Rp164 juta.

Novian mengatakan beberapa waktu lalu masyarakat sekitar pabrik di Kalitengah, Jawa Timur, mengadakan aksi unjuk rasa.

Mereka minta MSD Indonesia memberikan kompensasi air bersih dan penyerapan tenaga kerja.

"Kami terus berusaha untuk tanggap atas kebutuhan karyawan maupun komunitas sekitar melalui program CSR. MSD mematuhi hukum, peraturan, dan undang-undang yang berlaku di tempat perusahaan beroperasi," tegasnya.

Sebelum munculnya permintaan warga tersebut, lanjutnya, MSD juga telah melakukan program CSR melalui donasi senilai US$20.000, untuk beasiswa kepada murid sekolah yang tidak mampu, dan pembiayaan atas renovasi sekolah TK di Desa Karangjati.

"Hal ini merupakan bentuk kontribusi kami dalam menanggapi kebutuhan masyarakat sekitar, dengan semangat untuk menjadikan dunia lebih baik (Helping the world be well)," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper