Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bitelblack, Produsen Selimut Mobil hingga Helikopter

Dengan inspirasi dari tutup kendaraan yangcenderung monoton, muncullah ide membuat motif dari penutup kendaraan kesayangan Anda dengan karajter yang menarik
Nenden Sekar Arum
Nenden Sekar Arum - Bisnis.com 20 Maret 2015  |  13:13 WIB
Bitelblack, Produsen Selimut Mobil hingga Helikopter
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang pasti tidak rela jika kendaraan kesayangannya mengalami kejadian yang tidak diinginkan, seperti cat yang mengelupas karena kepanasan dan kehujanan, atau lecet karena tergores.

Untuk menghindari risiko mengerikan itu, kerap kali mobil atau motor diberi pelindung. Pelindung tersebut berupa selimut atau sarung yang menutupi seluruh badan kendaraan. Biasanya terbuat dari bahan antiair dan bisa menahan paparan sinar ultraviolet.

Cover kendaraan tersebut bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko yang menjual aksesori otomotif. Sayangnya, desain dan warna yang dijual cenderung monoton. Ditambah tidak semua ukuran cover cocok dengan kendaraan.

Padahal, banyak pecinta otomotif menginginkan cover yang cocok dan pas dengan bentuk kendaraan yang mereka miliki. Serta dibuat khusus dengan desain yang diinginkan sehingga berkesan eksklusif.

Sinyal tersebut kemudian ditangkap para pebisnis yang bisa melihat celah dari peluang bisnis aksesori otomotif itu. Sudah banyak pelaku usaha yang bisa mengantongi untung dari pembuatan cover mobil atau motor yang bisa dibuat sesuai pesanan atau custom.

Buah manis dari bisnis itu telah dirasakan oleh Imbransah dan Rizka Anggraini sejak 2010. Pasangan suami-istri tersebut merintis bisnis pembuatan selimutkendaraan custom di bawah nama Bitelblack.

Rizka mengungkapkan ide awal untuk terjun dalam bisnis tersebut didapatkannya saat diminta kakak iparnya untuk membuat selimut mobil yang pas dan rapi saat digunakan.

Berbekal latar belakang pendidikan di bidang fesyen, dan suaminya di bidang grafis, akhirnya tantangan tersebut diterima. Dia pun membuatnya dengan sistem ukur seperti proses pembuatan pakaian. Alhasil, cover perdananya tersebut sangat cocok dan pas saat digunakan.

“Karena belum pernah membuat cover mobil, sehingga kami tidak tahu bagaimana cara membuatnya dengan ukuran universal. Akhirnya kami buat dengan sistem ukur atau fitting biar pas pada bodi mobil,” katanya.

Dia pun mulai menawarkan jasa pembuatan cover mobil custom tersebut di berbagai forum jual beli online. Dalam enam bulan pertama, pesanan tak kunjung datang. Tapi dia tak menyerah, promosi secara online terus digencarkan, hingga datanglah pesanan pertama dari konsumen.

“Orderan pertama langsung untuk cover super car, sempat deg-degan juga untuk mengerjakannya karena mobil mahal. Tapi syukurlah konsumen puas dengan hasil kerja kami,” kenangnya.

Dari pengalaman tersebut, bisnisnya tersebut pun mulai dikenal. Apalagi pemiliksuper car biasanya tak cuma punya satu mobil, dan Bitelblack pun didaulat untuk membuat selimut bagi mobil koleksi lainnya.

Selama hampir setengah dekade bergelut dalam bisnis ini, produk yang dibuat Bitelblack pun semakin beragam. Mulai dari pembuatan selimut khusus luar ruangan, selimut untuk dalam ruangan, hingga aksesori antiair lainnya.

Selain cover mobil, Rizka juga sering membuat selimut untuk motor, bahkan dia juga pernah menerima pesanan untuk membuat selimut untuk helikopter milik pengusaha Indonesia dan miniboat milik warga Thailand.

“Kami juga pernah diminta Basarnas membuat selimut bagi kendaraan amfibi dan semi-tank milik mereka,” paparnya.

Sekarang, dalam sebulan Bitelblack bisa menerima pesanan sekitar 70-90 selimut mobil dan motor yang dibanderol Rp1,6 juta hingga Rp7 juta. Harga tersebut disesuaikan dengan desain dan bahan yang diinginkan konsumen.

“Margin keuntungannya cukup besar di atas 50%, tapi risikonya juga besar karena produk yang dibuat harus benar-benar sesuai seperti yang diinginan konsumen,” paparnya.

Jika ada konsumen yang tertarik untuk membuat cover mobil Bitelblack, pemesanan bisa dilakukan secara online melalui blog bitelblack.blogspot.com.

Namun, konsumen harus bersabar.  Pasalnya, proses pengerjaan membutuhkan waktu hingga satu bulan jika antrean pesanan mengular. Apalagi pada saat liburan atau musim hujan, jumlah pesanan bisa melambung hingga 30% dibandingkan bulan lainnya.

Meski demikian, Rizka mengatakan sangat jarang konsumen yang komplain karena rata-rata merupakan pelanggan loyal yang sudah mengetahui risiko pemesanan selimut eksklusif di Bitelblack.

Sebagai bentuk pelayanan dan jaminan atas kualitas produknya, Rizka tidak segan memberikan garansi hingga empat bulan sejak produk diterima. Garansi yang diberikan oleh Bitelblack tersebut melingkupi ketepatan ukuran, kekuatan jahitan dan ketahanan bahan.

Adapun, bahan yang digunakan Bitelblack untuk membuat selimut kendaraan tersebut dengan berbagai macam bahan impor, mulai dari nylon coating yang mampu meredam sinar matahari dan tahan hujan, hingga bahan sutra yang memiliki dust magnetic dan pelindung jamur.

Rizka mengungkapkan, walaupun pesaing dalam bisnis ini sudah bermunculan, prospek pasarnya dinilai masih sangat besar. Selain menyasar mobil-mobil baru, kolektor mobil antik juga menjadi sasaran empuk untuk memasarkan selimut kendaraan eksklusif.

“Prospeknya masih cerah selama banyak orang yang gemar otomotif, dan yang terpenting harus bisa jaga kualitas produk agar konsumen tetap loyal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang usaha
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top