Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina-TNI Gelontorkan Rp3,2 Miliar Untuk Infrastruktur Desa

PT Pertamina (Persero) dan TNI hari ini meresmikan beberapa proyek bantuan infrastruktur senilai Rp3,2 miliar untuk masyarakat di daerah terisolir, terpencil, miskin dan kumuh yang merupakan target dari Program Karya Bhakti TNI yang didukung penuh oleh Pertamina.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pertamina (Persero) dan TNI hari ini meresmikan beberapa proyek bantuan infrastruktur senilai Rp3,2 miliar untuk masyarakat di daerah terisolir, terpencil, miskin dan kumuh yang merupakan target dari Program Karya Bhakti TNI yang didukung penuh oleh Pertamina.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan proyek-proyek infrastruktur yang diresmikan meliputi renovasi SD Waringin Jaya 3 desa Waringin Kabupaten Pandeglang, pengecoran jalan di Kampung Nelayan Seberang Kelurahan Belawan, Kota Medan, rehabilitasi jembatan di Desa Suka Merindu, Kecamatan Semidang Aji, Kab. OKU, dan rehabilitasi jembatan di Desa Parakan Nyasag, Tasikmalaya.

”Ada juga penyerahan bantuan buku, peralatan sekolah serta bantuan sembako sebanyak 2.000 paket dengan nilai total Rp238,25 juta untuk masyarakat sekitar,” katanya, Senin (13/7/2015).

Melalui program ini, jelasnya, telah dituntaskan proyek renovasi SD Waringin Jaya 3 dari semula memiliki satu ruang kelas semi permanen menjadi empat ruang kelas permanen.

Kini, siswa-siswi SD Waringin Jaya 3 telah mendapatkan fasilitas penunjang belajar yang lebih nyaman sehingga dapat lebih berkonsentrasi untuk belajar dan meraih prestasi lebih tinggi.

“Pengecoran jalan sepanjang 500 meter di Kampung Nelayan Seberang dapat membantu masyarakat untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Sebelum proyek dilaksanakan, jalan tersebut masih berupa kayu dengan kondisi sudah banyak yang rapuh sehingga dapat membahayakan masyarakat penggunanya,” ucapnya.

Adapun, proyek rehabilitasi jembatan di Desa Suka Merindu, OKU sepanjang 110 meter dan lebar 1,5 meter telah menggantikan jembatan gantung yang rusak.

Tuntasnya proyek tersebut, kini Desa Suka Merindu dapat terhubung langsung dan lebih mudah dengan desa-desa terdekat, seperti Desa Nyius Sayak, Padang Bindu, Objek Wisata Goa Putri, SMPN 22 OKU, dan juga memperlancar pengangkutan hasil-hasil perkebunan warga sekitar.

“Kondisi infrastruktur di beberapa wilayah di Indonesia memang perlu dilakukan perbaikan. Di Parakan Nyasag, Tasikmalaya juga telah dituntaskan rehabilitasi jembatan sepanjang 35 meter dan lebar 1,5 meter sekaligus pengaspalan jalan sekitar 20 meter sebelum jembatan gantung.Masyarakat juga antusias ikut serta dalam pembangunan yang menunjukkan tingginya kesadaran gerakan membangun," papar Syamsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper