Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

STRATEGI KEPEMIMPINAN: Ini Dibalik Kisah Revolusi Layanan PT KAI

Agar bisa keluar dari situasi krisis, seorang pemimpin wajib melakukan inovasi dalam organisasi kerjanya secara terus-menerus di samping harus pula membuka ruang komunikasi dengan bawahan.nn
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com,JAKARTA--Agar bisa keluar dari situasi krisis, seorang pemimpin wajib melakukan inovasi dalam organisasi kerjanya secara terus-menerus di samping harus pula membuka ruang komunikasi dengan bawahan.

Strategi kepemimpinan seperti itulah yang berhasil membawa PT Kereta Api Indonesia (KAI), BUMN tertua di Indonesia, keluar dari krisis dan menjadi perusahaan papan atas nasional lantaran berhasil melakukan revolusi pelayanan.

Direktur Sumber Daya Manusia Umum dan Teknologi Informasi M. Kuncoro Wibowo mengungkapkan invoasi yang tiada henti menjadi tulang punggung dari PT KAI selama ini. Dia mencontohkan jajarannya terus melakukan inovasi pembelian dan pembayaran tiket sehingga masyarakat tidak harus mengantre di stasiun.

“Karena inovasilah sekarang ada berbagai kemudahan yang bisa dinikmati oleh masyarakat kalau mau pesan tiket, membayar dan melakukan perjalanan,” ujarnya seminar Strategi Kepemimpinan di Tengah Krisis yang diselenggarakan Sekolah Tinggi PPM di Jakarta, Sabtu (10/10/2015).

Selain inovasi, menurut Kuncoro, faktor lain yang tidak kalah penting adalah komunikasi yang baik antarpimpinan dan bawahan juga menjadi salah satu syarat utama untuk mendorong perubahan dalam sebuah organisasi.

“Di samping itu, ada juga punish and reward yang kami berikan kepada seluruh SDM di PT KAI sehingga mereka menjadi termotivasi untuk melakukan yang terbaik,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper