Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Empat Tim RI Juara Young Social Entreprenuers di Singapura

Empat tim Indonesia memenangkan Young Social Entrepreneurs (YSE) 2015 yang digelar Singapore International Foundation (SIF).
Empat tim Indonesia memenangkan Young Social Entrepreneurs (YSE) 2015 yang digelar Singapore International Foundation (SIF). /Bisnis
Empat tim Indonesia memenangkan Young Social Entrepreneurs (YSE) 2015 yang digelar Singapore International Foundation (SIF). /Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Empat tim Indonesia memenangkan Young Social Entrepreneurs (YSE) 2015 yang digelar Singapore International Foundation (SIF).

Mereka mengungguli 15 tim finalis lainnya dari seluruh dunia karena menunjukkan kemampuan menggagas bisnis yang bermisi sosial, berdampak pada masyarakat, dan berkelanjutan dari sisi manajemen dan operasional.  

Ke-empat tim ini adalah Ecodoe, Osiris, Startic dan Wateroam, yang beranggotakan 16 pemuda Indonesia diselenggarakan oleh 2015. Total 31 wirausahawan muda berpartisipasi dalam YSE 2015.

Mereka menawarkan berbagai gagasan perubahan hidup yang dapat memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup sebagai perwujudan dari misi sosial mereka yang progresif.

Bersama tim finalis dari lima negara lainnya di Asia, yakni China, India, Malaysia, Vietnam, dan Singapura, mereka mempertahankan gagasan bisnis sosial mereka di hadapan dewan juri yang terdiri dari tokoh-tokoh penting organisasi bisnis sosial tingkat dunia dan perusahaan-perusahaan ternama.

"Dari program yang sudah dijalankan enam tahun belakangan, hati kami sangat tersentuh hati menyaksikan  generasi muda dari seluruh dunia membangun hubungan baik yang didapatkan dari kesamaan semangat untuk perubahan sosial, “ kata Direktur Eksekutif SIF Jean Tan dalam rilis, Sabtu (24/10/2015).

Tahun ini, Indonesia diwakili oleh Ecodoe, kelompok anak muda yang memberdayakan pengrajin lokal dan ibu rumah tangga di Jawa Barat; Eptani, yang mengajukan pembudidayaan cacing tanah  untuk mengendalikan polusi yang dihasilkan oleh limbah organik di daerah pemukiman; Hi-Breed, sebuah upaya meningkatkan kualitas mata pencaharian petani kecil lokal  di Indonesia dengan peternakan rumah yang terintegrasi.

Ada pula OSIRIS yang memberdayakan masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik dan petani buah naga di Jogjakarta; serta STARTIC, sekumpulan pemuda yang berupata memberdayakan masyakat terpinggirkan (marjinal) untuk memproduksi kerajina dari produk daur ulang).

Tak ketinggalan tim Ubersnacks, yang mempromosikan dan meningkatkan jajanan lokal Indonesia dan memasarkannnya ke pelanggan internasional dan WateROAM, pencipta inovasi sistem penyaring air yang berguna di daerah-daerah yang terkena bencana, terutama di negara-negara berkembang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper