Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMGF dan CCFI Gulirkan US$12 Juta Untuk Program Perpustakaan

The Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) melanjutkan kemitraannya bersama Yayasan Coca-Cola Indonesia (CCFI) serta menginvestasikan dana senilai US$12 Juta untuk memperluas Program PerpuSeru di Indonesia.
Perpustakaan daerah/Antara
Perpustakaan daerah/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—The Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) melanjutkan kemitraannya bersama Yayasan Coca-Cola Indonesia (CCFI) serta menginvestasikan dana senilai US$12 Juta untuk memperluas Program PerpuSeru di Indonesia.

Perluasan program ini diharapkan akan mendorong peningkatan kualitas hidup setidaknya 10 juta penduduk Indonesia selama tiga tahun kedepan melalui upaya mentransformasi perpustakaan umum menjadi pusat belajar masyarakat yang inovatif, yang berbasis pada aktivitas dan layanan Informasi Teknologi (IT) di perpustakaan.

Perluasan Program PerpuSeru ini merupakan lanjutan dari tahap sebelumnya, dimana sejak 2011 lalu program PerpuSeru telah mendorong terjadinya berbagai perubahan positif pada lebih dari 3,5 juta penduduk Indonesia melalui peningkatan layanan dan berbagai pelatihan berbasis IT di 118 perpustakaan di 34 kabupaten dan 84 desa di 16 propinsi di Indonesia.

“Melalui penyediaan akses high-speed Internet serta program pelatihan bagi komunitas, perpustakaan umum dapat menghadirkan berbagai program yang dapat membantu hidup mereka menjadi lebih baik, khususnya dengan menyediakan informasi yang relevan dengan apa yang mereka butuhkan, ” tutur Christopher Elias, the President of Global Development at the Bill & Melinda Gates Foundation dalam keterangan pers, Senin (26/10).

Dengan memanfaatkan keberadaaan perpustakaan umum yang sudah ada, Program PerpuSeru difokuskan pada upaya untuk memberdayakan jutaan masyarakat, mendorong inovasi dan kreatifitas baru, serta menyediakan berbagai pengetahuan maupun ketrampilan praktis yang relevan.

Titie Sadarini, Ketua Yayasan Coca-Cola Indonesia, mengatakan program ini terus bermitra dengan Perpustakaan Nasional maupun di tingkat Kabupaten, serta membuka diri kepada berbagai mitra lainnya untuk terus mengembangkan fungsi perpustakaan di Indonesia.

Setidaknya melalui perluasan program kali ini, akan ada 550 perpustakaan umum di 99 kabupaten dan 451 desa yang dapat ditransformasikan menjadi pusat belajar masyarakat dengan

 “Melalui penyediaan akses dan layanan informasi teknologi di perpustakaan, PerpuSeru memilki visi jangka panjang, yakni dapat membantu meningkatkan taraf hidup setidaknya 20 juta penduduk Indonesia pada tahun 2025 mendatang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper