Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Surya University Tanam 2.000 Pohon Mangrove di Marunda

Pantai Marunda merupakan salah satu wilayah di Jakarta yang mengalami proses abrasi pantai cukup parah. Pengikisan garis pantai yang berlangsung sangat cepat telah berdampak terhadap aktivitas perekonomian masyarakat khususnya nelayan yang tinggal di sekitar pantai Marunda.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 29 November 2015  |  13:12 WIB
Surya University Tanam 2.000 Pohon Mangrove di Marunda
Mangrove - en.wikipedia.org
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Pantai Marunda merupakan salah satu wilayah di Jakarta yang mengalami proses abrasi pantai cukup parah. Pengikisan garis pantai yang berlangsung sangat cepat telah berdampak terhadap aktivitas perekonomian masyarakat khususnya nelayan yang tinggal di sekitar pantai Marunda. Kondisi ini telah mendorong kepedulian berbagai pihak untuk melakukan upaya rehabilitasi pantai melalui penanaman mangrove.

Bertepatan dengan hari menanam pohon nasional yang jatuh pada hari sabtu (28/15) dan hari pohon sedunia (21/15), mahasiswa Program Studi Green Economy Surya University bersama Yayasan IMARF serta didukung penuh oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan CSR PT. Adaro menyelenggarakan kegiatan penanaman 2000 pohon Mangrove di Pantai Marunda Jakarta dengan Tema “One Man Billion Impact”. 

Kegiatan penanaman ini diikuti oleh sekitar 100 orang mahasiswa berlangsung dalam kondisi pasang dan volume sampah diperairan cukup tinggi, namun demikian hal tersebut tidak menyurutkan antusiasme mahasiswa untuk menanam mangrove. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan kajian mengenai nilai ekonomi hutan mangrove yang ada di pantai Marunda.

Firman Zulfikar selaku Dosen Pembimbing dalam kegiatan tersebut mengatakan dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, bahwa perayaan hari pohon sedunia melalui penanaman pohon mangrove ini sangat tepat karena selain dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan, aktivitas ini juga dinilai relevan dengan keilmuan yang ada di Program Study Green Economy, Surya University.

Sebagai Program studi yang concern terhadap isu-isu pembangunan yang ramah lingkungan, mahasiswa green economy tidak hanya ditutut untuk berperan aktif dalam upaya konservasi lingkungan, namun juga mampu memberikan pemikiran-pemikiran yang inovatif untuk mengatasi tantangan pembangunan yang ada di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mangrove
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top