Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Hulu Energi WMO Raih Penghargaan Lingkungan Hidup Kali Keempat

PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) untuk keempat kalinya meraih penghargaan dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur atas Laporan Pelaksanaan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kategori Terbaik.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) untuk keempat kalinya meraih penghargaan dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur atas Laporan Pelaksanaan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kategori Terbaik.

 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada General Manager PHE WMO Sri Budiyani pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Provinsi Jawa Timur 2016 yang diselenggarakan di Taman Candra Wilwatikta Pandaan – Pasuruan, Kamis (28/7/2016).

 

Keberhasilan PHE WMO, Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas ini, didasarkan pada ketaatan perusahaan dalam melaksanakan pengelolaan lingkungan sesuai dokumen lingkungan (AMDAL/UKL&UPL) dan peraturan lingkungan lainnya.

 

PHE WMO juga dinilai taat dalam mengelola kualitas limbah (cair, padat dan emisi udara) sesuai baku mutu lingkungan, dan ketaatan perusahaan dalam melaporkan program pengelolaan lingkungan dengan tepat waktu kepada Pemerintah Daerah.

 

Pertimbangan terakhir,  Pemprov Jatim menilai PHE WMO memiliki kontribusi terhadap pengelolaan Lingkungan di Propinsi Jawa Timur serta pembinaan masyarakat sekitarnya melalui  programcommunity development.

 

GM PHE WMO Sri Budiyani mengatakan pemberian penghargaan ini merupakan salah satu bukti nyata apresiasi Pemerintah Daerah terhadap konsistensi  PHE WMO dalam pengelolaan Lingkungan Hidup.

 

“Tentu kami sangat bangga empat tahun berturut-turut meraih penghargaan terbaik dari Pemprov Jatim. Terlebih karena penghargaan ini melalui penilaian dan kriteria yang begitu ketat,” ujar kata Sri Budiyani dalam siaran pers, Kamis (28/7/2016).

 

Sri Budiyani menambahkan, sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bekerja dalam industri migas,  ketaatan dalam pengelolaan lingkungan hidup merupakan suatu keharusan. Ketaatan itu, lanjutnya, juga dibuktikan dengan keberhasilan PHE WMO dalam meraih PROPER Hijau dalam 3 tahun berturut-turut.

 

“Tahun lalu bahkan PHE WMO masuk dalam kategori kandidat peraih PROPER Emas, Penghargaan seperti itu menjadi penyemangat manajemen dan seluruh karyawan dalam terus melaksanakan pengelolaan hidup terbaik dengan memadukan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah seputar operasi,” ujarnya.

 

Selain terus melakukan peningkatan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang terbuktikan lewat  keberhasilan mencapai ISO 14001 dan OHSAS 18001, lanjut Sri Budiyani, PHE WMO juga menjadi industri migas pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi ISO 14064 (Perhitungan dan Pelaporan Gas Rumah Kaca).

 

"Field Logistic Lamongan juga menerima rekor MURI sebagai gudang logistic Migas pertama yang menerima ISO 9001," jelasnya. 

 

Dalam program pengelolaan lingkungan ini, PHE WMO juga mendorong keterlibatan karyawan dalam Program Orang Tua Asuh Pohon (OTAP) dan Mangrove In Office, PHE WMO juga mendorong keterlibatan masyarakat.

 

Dicontohkan, dalam program pembibitan mangrove dan  cemara laut  di Kecamatan Sepulu, misalnya, PHE WMO  juga menjadikan program untuk membantu peningkatkan taraf hidup masyarakat yang mengelolanya.

 

“Kami  sedang mengembangkan kawasan mangrove di Bangkalan yang telah kami mulai dengan penanaman mangrove beberapa tahun lalu menjadi pusat informasi dan pendidikan Mangrove (Mangrove Information Centre). Disana telah ada local hero yang ikut menjaga dan sedang berjuang mengembangkan kawasan itu menjadi obyek wisata menarik di Bangkalan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper