Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bantu Korban Banjir di Serang, Tower Bersama Kerahkan Mobil Kesehatan

PT Tower Bersama Infrastructure Tbk melalui tim tanggap darurat bencana mengerahkan satu unit Mobil Kesehatan Keliling (MONIK TBIG) guna memberikan pelayanan kesehatan korban banjir,
Yusuf Waluyo Jati
Yusuf Waluyo Jati - Bisnis.com 03 Agustus 2016  |  00:00 WIB
Sejumlah rumah di kawasan Karawaci, Banten, Tangerang yang berada di pinggiran Kali Cisadane terendam banjir akibat kiriman air dari Bogor, Jawa Barat - Ilustrasi/Antara
Sejumlah rumah di kawasan Karawaci, Banten, Tangerang yang berada di pinggiran Kali Cisadane terendam banjir akibat kiriman air dari Bogor, Jawa Barat - Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk melalui tim tanggap darurat bencana mengerahkan satu unit mobil kesehatan keliling (Monik TBIG) guna memberikan pelayanan kesehatan korban banjir, yang menimpa 2.209 unit rumah warga di Kabupaten Serang, Pandeglang, dan Kota Cilegon.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten, luapan air sungai akibat curah hujan yang tinggi, pendangkalan sungai, serta banyaknya saluran drainase dan gorong-gorong yang tidak berfungsi baik, telah membuat ribuan rumah warga di tiga wilayah terendam banjir. BPBD Banten juga melaporkan ada sekitar 181 rumah warga mengalami rusak berat serta 50 lainnya hanyut terbawa arus.

Menurut laporan, hujan deras selama dua hari tersebut juga menyebabkan tanah longsor di dua titik di wilayah Anyer yaitu di Kampung Cikutu, Desa Rancasanggal, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, dan di Kampung Cikurai Desa, Rancasanggal, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

“Tower Bersama Infrastructure mengerahkan satu unit mobil kesehatan keliling guna memberikan pelayanan kesehatan pasca-bencana kepada masyarakat yang menjadi korban banjir di Kampung Garung, Desa Sindangmandi, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, pada 2 dan 3 Agustus 2016,” jelas Regional Manager Jakarta dan Banten PT Tower Bersama Infrastructure Tbk Zainal Arifin, dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (2/8/2016).

Zainal Arifin menjelaskan setelah melakukan pemantauan dan kondisi masyarakat di area bencana, kondisi kesehatan masyarakat di area bencana perlu mendapatkan perhatian khusus. Hal ini kemudian dikoordinasikan dengan kantor pusat untuk dapat memberikan bantuan yang tepat kepada para korban.

Mobilisasi satu unit Mobil Kesehatan Keliling diperlukan agar bisa segera memberikan bantuan pelayanan kesehatan kepada korban bencana, khususnya korban yang masih anak-anak, perempuan dan korban dari kalangan lanjut usia.

Apalagi Monik TBIG dilengkapi perlengkapan medis, termasuk perlengkapan medis yang dikhususkan bagi pemeriksaan kesehatan ibu hamil, balita, dan lansia. Selain bantuan kesehatan yang bersifat umum, Monik TBIG juga dapat memberikan pelayanan USG bagi ibu hamil, penyuluhan perilaku hidup higenis dan sehat, edukasi pencegahan penyakit, pemberian obat dan makanan tambahan bagi balita.

Mobil Kesehatan Keliling TBIG telah beroperasi sejak tahun 2012 dan melayani masyarakat di enam provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Palembang, dan Medan.

Monik merupakan implementasi pilar Kesehatan yang merupakan salah satu pilar dari empat Pilar CSR TBiG (Kesehatan, Lingkungan, Pendidikan dan Budaya)

Selain bertujuan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat, Monik TBIG juga dioperasikan untuk memberikan pelayanan pasca-bencana kepada para korban bencana di berbagai daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tower bersama
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top