Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

The Body Shop Kembali Luncurkan Kampanye Larangan Uji Coba pada Hewan

The Body Shop meluncurkan kampanye baru untuk larangan global terhadap pengujian kosmetik pada hewan terutama terhadap produk dan bahan baku yang diharapkan akan terlaksana pada tahun 2020, merevolusi industri kecantikan dan melindungi jutaan hewan di seluruh dunia.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 02 Juni 2017  |  10:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - The Body Shop® meluncurkan kampanye baru untuk larangan global terhadap pengujian kosmetik pada hewan terutama terhadap produk dan bahan baku yang diharapkan akan terlaksana pada tahun 2020, merevolusi industri kecantikan dan melindungi jutaan hewan di seluruh dunia.

Bermitra dengan organisasi nirlaba terkemuka yang bekerja untuk mengakhiri pengujian pada hewan, Cruelty Free International, The Body Shop® akan membawa kampanye ini ke otoritas tertinggi, Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan akan meminta sebuah konvensi internasional yang melarang pengujian kosmetik pada hewan.

Potensi untuk pengujian pada hewan masih merupakan risiko besar di seluruh dunia, dengan lebih dari 80% negara masih tidak memiliki undang-undang untuk melawan pengujian kosmetik.

Terlepas dari kenyataan bahwa sebagian besar negara tidak memerlukan data keselamatan berdasarkan tes pada hewan dan terdapat alternatif pengujian yang dapat digunakan tanpa menyakiti hewan, serta perusahaan kecantikan seperti The Body Shop® menggunakan bahan baku yang inovatif dan efektif untuk produk mereka. Cruelty Free International memperkirakan bahwa sekitar 500.000 hewan masih digunakan dalam pengujian kosmetik setiap tahunnya.

Aturan mengenai pengujian pada hewan dalam kosmetik saat ini bercampur aduk, dengan undang-undang yang berbeda di seluruh dunia dapat membuat konsumen tidak mendapat informasi yang layak. Pengujian pada hewan tradisional tidak pernah divalidasi mengenai keakuratannya dalam menguji keselamatan produk kosmetik dan bahan bakunya. Kini telah tersedia alternatif modern seperti kulit manusia artifisial yang dalam sebagian besar kasus, memiliki tingkat keefektifan yang sama seperti pengujian pada hewan dan telah divalidasi oleh pihak berwenang.

Jessie Macneil-Brown, Senior Manager International Campaigns and Corporate Responsibility The Body Shop®, mengatakan mereka percaya bahwa tidak ada hewan yang boleh dirugikan atas nama kosmetik dan pengujian pada hewan terhadap produk dan bahan bakunya sudah usang, kejam, dan tidak diperlukan lagi.

"Inilah sebabnya The Body Shop® dan Cruelty Free International telah bermitra untuk memberikan kampanye terbesar dan paling ambisius untuk menegakkan pelarangan global penggunaan hewan untuk menguji produk dan bahan baku kosmetik.” ujarnya dalam siaran persnya.

Dia menyebutkan akan membawa petisi ini ke Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memohon dukungan atas pelarangan pengujian hewan dalam produk dan bahan kosmetik. Dengan konvensi internasional, konsumen akhirnya yakin bahwa kosmetik yang mereka beli bebas dari kekejaman.

Michelle Thew, CEO Cruelty Free International mengatakan orang-orang bingung dengan pengujian pada hewan. Di seluruh dunia, orang-orang ingin menghentikan praktik kejam ini, namun undang-undang yang ada adalah gabungan beberapa peraturan yang berbeda dengan beberapa kesenjangan yang sangat besar.

Sementara semakin banyak negara yang memerlukan pengujian non-hewan dan banyak pula yang telah mengambil langkah-langkah untuk melarang pengujian kosmetik pada hewan. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Bila pengujian hewan diperbolehkan—baik untuk produk maupun bahan baku – kebanyakan negara tidak memerlukan data pengujian untuk tersedia bagi umum atau bahkan regulator. Hal ini membuat sangat sulit untuk mengetahui seberapa luas pengujian pada hewan.

Satu hal yang kita ketahui bahwa satu tes dapat melibatkan ratusan hewan. Jika hanya satu perusahaan atau satu negara yang mengandalkan pengujian hewan, dampaknya terhadap kehidupan hewan tetaplah besar. Oleh karena itu, 80% negara di seluruh dunia masih mengizinkan pengujian pada hewan untuk kosmetik, larangan global adalah satu-satunya cara untuk benar-benar menghilangkan penderitaan hewan.

"Kami senang Cruelty Free International dan The Body Shop® bersama-sama berkampanye untuk sebuah larangan yang akhirnya akan mengakhiri pengujian hewan selamanya.” ujarnya.

Kampanye terbaru The Body Shop® dan Cruelty Free International menyerukan larangan internasional untuk menguji hewan dalam kosmetik, baik untuk produk dan bahan baku. Di mana-mana dan selamanya. Ini adalah kampanye paling ambisius melawan pengujian hewan, dan bertujuan untuk melibatkan 8 juta orang untuk menandatangani petisi yang meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperkenalkan sebuh konvensi internasional untuk mengakhiri praktik ini sekarang dan selamanya. Petisi tersebut dapat ditandatangani secara online atau di salah satu dari 3.000 store The Body Shop® di seluruh dunia. Konsumen didorong untuk menggunakan hashtag kampanye, #ForeverAgainstAnimalTesting di media sosial untuk meningkatkan kesadaran terhadap masalah ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bodyshop
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top