Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Program Utama Zakat Karyawan Semen Padang

PT Semen Padang (Persero) Tbk mendukung program kebangkitan zakat yang diusung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dengan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) perusahaan itu.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 01 September 2017  |  17:54 WIB
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bambang Sudibyo, menjelaskan program kebangkitan zakat, saat launching UPZ Semen Padang, di Padang, Rabu (30/8/2017). - Istimewa/Baznas
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bambang Sudibyo, menjelaskan program kebangkitan zakat, saat launching UPZ Semen Padang, di Padang, Rabu (30/8/2017). - Istimewa/Baznas

Binsis.com, JAKARTA-PT Semen Padang (Persero) Tbk mendukung program kebangkitan zakat yang diusung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dengan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) perusahaan itu.

Melalui lembaga UPZ tersebut Semen Padang berpartisipasi aktif mendukung keberhasilan program pengurangan kemiskinan 1% per tahun yang menjadi komitmen Baznas dalam mengelola zakat yang ditunaikan oleh masyarakat.

Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, mengatakan pencanangan program kebangkitan zakat dilaksanakaan bersamaan dengan launching UPZ Semen Padang yang dilaksankaan di Kota Padang, pada 30 Agustus 2017.

“Dengan demikian, Semen Padang adalah BUMN yang responsif terhadap UU No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan zakat dan Inpres No.3 Tahun 2014 tentang Zakat BUMN yang dikelola Baznas,” katanya, Kamis (31/2017).

Menurutnya, peluncuran UPZ Semen Padang juga dihadiri Direktur Baznas, Arifin Purwakananta dan Dirut Semen Padang, Benny Wendry dan Ketua UPZ Semen Padang, Oktoweri.

Oktoweri menjelaskan kini UPZ Semen Padang mengelola zakat dalam jumlah yang besar mencapai hampir Rp1 miliar per bulan yang dihmpun dari 1.825 pegawai yang telah memenuhi syarat wajib menunaikan zakat.

Bahkan jumlah zakat yang telah disalurkan pada semester I/2017 mencapai Rp4 miliar. Dua hal penting yang membawa UPZ Semen Padang meraih Baznas Award, untuk kategori Penghargaan Khusus Baznas Terbaik, belum lama ini.

“UPZ Semen Padang saat ini memiliki 5 program, yaitu Peduli pendidikan, Peduli kesehatan, Peduli ekonomi, Peduli kemanusian, serta Dakwah dan Advokasi,” ujarnya.

Menurutnya, program Peduli pendidikan, UPZ Semen Padang memiliki beberapa program turunan, diantaranya beasiswa rutin bagi pelajar per bulan, dan beasiswa masuk sekolah tahun ajaran baru kepada para keluarga mustahik.

Program Peduli kesehatan berupa bantuan kepada masyarakat kurang mampu muembayar iuran BPJS, biaya perawatan dan beli obat di luar tanggungan BPJS, serta biaya transportasi jika mustahik berobat ke rumah sakit di luar kota Padang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen padang beasiswa baznas
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top