Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepemimpinan Bisa Pengaruhi Kualitas Sistem CRM Perusahaan

Ini artinya sistem CRM saat ini bukan semata dipandang dari aspek kecanggihan teknologi semata.

Bisnis.com, JAKARTA -- Peran kepemimpinan (leadership) ternyata juga salah satu faktor penting dalam menghasilkan sistem customer relationship management (CRM) yang baik bagi perusahaan.

Ini artinya sistem CRM saat ini bukan semata dipandang dari aspek kecanggihan teknologi semata.

"Leadership di sini adalah mencangkup komitmen, budaya yang fokus pada layanan customer," tutur Aina Neva Fiati selaku Managing Director iSystem Asia atau PT Inter Sistem Asia, dalam siaran pers Selasa (07/11/2017).

Faktor penting lainnnya ujar Aina, adalah teknologi, skill manusia, dan pengolahan data customer. Tentu saja teknologi yang memberi nilai tambah dan yang bisa menyesuaikan diri terhadap tren perubahan yang begitu cepat saat ini.

Aina menuturkan hal ini adalah bagian dari pokok bahasan dalam acara workshop bpm'online Global Tour 2017 yang telah diselenggarakan di sejumlah negara baru-baru ini. Workshop tersebut mengulas berbagai perkembangan isu sektor CRM dan business process management (BPM) perusahaan-perusahaan global.

Sebagai informasi, bpm'online adalah perusahaan software yang bermarkas di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Saat ini, software bpm'online telah dipakai untuk sistem CRM dan BPM oleh banyak perusahaan di dunia termasuk Indonesia.

Baru-baru ini, workshop bpm'online Global Tour 2017 digelar di The Westin Jakarta dan dihadiri 250 eksekutif perusahaan.

Acara yang dimoderatori Ananta Dewandhono selaku Senior Partner iSystem Asia dihadiri para pembicara di antaranya Alex Donchuk sebagai Global Channel Director bpm'online, Achmad Royhan selaku Vice President of Information Technology PT Citilink Indonesia dan Handojo Triyanto Senior Research Manager IDC Financial Insights.

Pada diskusi tersebut terungkap bahwa tren transformasi digital juga dipengaruhi berbagai aspek salah satunya transformasi kepemimpinan. "Kebijakan pemimpin dan leadership style di perusahaan tersebut sangat menentukan," Handojo Triyanto.

bpm'online Global Tour 2017 telah menyambangi kota-kota besar di negara lain seperti Boston, Kiev, Minsk, Paris, London, Moscow, Almaty, Melbourne, termasuk Jakarta. Dalam waktu dekat bpm'online Global Tour 2017 menyambangi Sao Paolo, Brazil.

Untuk Jakarta, bpm'online Global Tour 2017 menunjuk iSystem Asia sebagai partner penyelenggara. Hal ini karena iSystem Asia adalah pemegang lisensi software bpm'online untuk Indonesia.

Aina menuturkan, iSystem Asia akan terus memperkenalkan manfaat sistem CRM dan BPM ke perusahaan di tengah tren transformasi digital yang tak terbendung. iSystem Asia memberikan layanan lengkap mulai dari pelatihan, sertifikasi profesional, serta konsultasi dan implementasi sistem informasi di berbagai industri.

Kepemimpinan Bisa Pengaruhi Kualitas Sistem CRM Perusahaan

Saat ini iSystem Asia berpengalaman menangani industri telekomunikasi, lembaga keuangan perbankan maupun non-perbankan, pelayanan publik, farmasi, otomotif, ritel, properti, perusahaan distribusi, konsultan, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper