Tim Schafer: Produser dan Perancang Gim Video

Tim Schafer adalah perancang gim video asal Amerika Serikat dan pendiri perusahaan pengembangan gim Double Fine Productions yang menghasilkan sejumlah gim seperti \'The Secret of Monkey Island,\' \'Full Throttle,\' dan \'Psychonauts,\'.
Aprianto Cahyo Nugroho | 03 Oktober 2018 11:39 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Tim Schafer adalah perancang gim video asal Amerika Serikat dan pendiri perusahaan pengembangan gim Double Fine Productions yang menghasilkan sejumlah gim seperti 'The Secret of Monkey Island,' 'Full Throttle,' dan 'Psychonauts,'.

Masa Kecil dan Pendidikan

Schafer lahir di Sonoma, California, pada 26 Juli 1967. Ia merupakan anak bungsu dari lima bersaudara anak pasangan Gwendolyn dan Dr. John Schafer. Ketika dia berusia 12 tahun, Schafer ingat ayahnya membawa pulang gim Atari 2600 berjudul Adventure, yang mengilhami karirnya di kemudian hari.

“Saya tidak membaca manual sama sekali (ketika memainkan 'Adventure')," ungkapnya dalam sebuah wawancara, seperti dikutip Biography.com.

“Apa yang terjadi? Saya menjadi sebuah persegi? Ada panah dan ada cangkir bertanduk dan sebuah kastil dan seekor bebek menyerang. Saya hanya ingat betapa bingungnya saya, tetapi juga senang dan juga bingung,” ungkapnya seraya mendeskripsikan gim tersebut.

Schafer melanjutkan pendidikan tingginya di bidang ilmu komputer di UC Berkeley. Alasannya mengambil bidang ini sederhana: Schafer tahu dan paham bagaimana cara memprogram, sehingga dia akan mudah melewati masa studinya..

Saat kuliah, minatnya lebih mengarah pada penulisan kreatif dan mengatakan ingin menjadi seperti pengarang novel Kurt Vonnegut. Dia mengagumi kemampuan pengarang novel Slaughterhouse-Five tersebut karena mampu membuat cerita pendek di sela-sela pekerjaan utamanya sebagai insinyur di General Electric.

Setelah menyelesaikan magang dalam pemrograman database, ia mulai menerapkan keterampilan tersebut untuk bekerja pada proyek-proyek kepolisian dan pemadam kebakaran serta bekerja di Atari dan Hewlett Packard. Dia terus mencari pekerjaan yang berkaitan dengan komputer tetapi mengakui semua lamarannya ditolak.

LucasArts

Saat menelusuri daftar lowongan pekerjaan di Pusat Layanan Karir UC Berkeley, ia melihat postingan dari Lucasfilm Games (LucasArts), yang didirikan oleh pencipta Star Wars dan Indiana Jones, George Lucas.

Setelah bergabung, ia ditugaskan sebagai asisten perancang dan programmer di Skywalker Ranch, yang terletak 64 km sebelah utara San Francisco. Proyek pertamanya melibatkan pengujian adaptasi gim video dari film Indiana Jones dan Last Crusade di tahun 1989. Tahun berikutnya, Schafer mendapat kesempatan pertama untuk bertindak sebagai co-writer, programmer, dan asisten desainer pada "The Secret of Monkey Island."

"The Secret of Monkey Island" ini menjadi tonggak inovasi Schafer dalam gim video dengan menggunakan keterampilan menulis script gim yang mengangkat konsep cerita dan humor.

"Fakta bahwa sesuatu se-mainstream komedi merupakan ceruk di pasar gim memberikan ide," ungkapnya. "Saya selalu ingin membawa orang-orang dengan kehidupan emosional yang berkembang baik untuk bermain gim, dan memperluasnya, karena hidup itu luas."

Gim pertamanya sebagai pemimpin proyek adalah "Full Throttle" di tahun 1995, yang kemudian terjual hingga lebih dari 1 juta kopi dalam lima tahun. Ketika mengembangkan gim ber-genre adventure, Schafer mempelajari penulisan skenario untuk mempelajari cara menyusun cerita dalam berbagai aksi.

Dia menggunakan teknik yang sama dalam gim "Grim Fandango" di tahun 1998, yang merupakan proyek terakhirnya di LucasArts.

Double Fine Productions

Setelah sukses dengan gim ‘Grim Fandango’, Schafer mulai mengembangkan gim lain untuk konsol PlayStation 2, namun proyek tersebut dibatalkan pada tahun 2000. Dia kemudian meninggalkan LucasArts dan mendirikan perusahaan produksinya sendiri, Double Fine Productions.

Double Fine merilis gim pertama yang memenangkan penghargaan, "Psychonauts," pada tahun 2005 dan mampu menerbitkan gim di konsol Xbox dan Playstation 2 selain versi PC yang diterbitkan sebelumnya.

Schafer mengikuti keberhasilan Psychonauts dengan merilis gim lain untuk konsol Xbox 260 dan Playstation 3 berjudul ‘Brutal Legend’. Selain itu, Double Fine juga merilis gim lain dengan skala dan anggaran lebih kecil, termasuk Costume Quest di 2010, Stacking pada tahun 2011, dan Kinect Party di 2012.

Double Fine juga mendirikan Double Fine Presents di tahun 2014, yang menjadi payung usaha bagi pada pengembang independen kecil untuk mempublikasikan game dengan sistem crowdfund, termasuk Psychonauts 2 di tahun 2018 yang sedang dalam pengembangan dan telah mengumpulkan pemesanan lebih dari US$38 juta.

Penghargaan dan Kehormatan

"Psychonauts" memenangkan Game Critics Award untuk Game Asli Terbaik pada pameran E3 tahun 2002. Pada Game Developers Choice Awards 2006, Schafer juga memenangkan penghargaan Penulisan Terbaik untuk "Psychonauts" serta hadiah untuk kategori studio pengembang baru terbaik. Pada tahun yang sama, ia juga menerima penghargaan video game BAFTA Best Screenplay Award untuk "Psychonauts."

Schafer menerima Penghargaan Prestasi Seumur Hidup di Game Developers Choice Awards pada tahun 2018. Dia juga menjadi BAFTA Fellowship sebagai pelopor sejati desain gim, yang telah mendorong batas-batas media melalui bakat luar biasa di British Academy Games Awards 2018.

Tag : tokoh
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top