Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bukan Hanya Produk Berkualitas, Ini Lebih Penting agar Konsumen Loyal

Konsumen kini lebih memerlukan proses interaksi yang mudah dan menarik agar perusahaan tak kehilangan loyal konsumen.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 11 Januari 2020  |  23:51 WIB
Ilustrasi berbagai produk di sebuah pasar swalayan. - Reuters/Mario Anzuoni
Ilustrasi berbagai produk di sebuah pasar swalayan. - Reuters/Mario Anzuoni

Bisnis.com, JAKARTA – Pengalaman konsumen kini menjadi salah satu aspek yang paling penting bagi sebuah bisnis yang ingin meraih kesuksesan.

Berbeda dengan beberapa waktu lalu ketika banyak yang menganggap bahwa kunci keberhasilan mendapatkan loyalitas konsumen hanya dengan memiliki kualitas produk dan layanan yang baik.

Saat ini, konsumen ternyata lebih memerlukan proses interaksi yang mudah dan menarik. Tanpa hal tersebut, sebuah perusahaan akan tertinggal dan kehilangan loyal konsumennya.

Demikianlah hasil penelitian yang dilakukan SurveySensum, perusahaan startup Indonesia yang bergerak di bidang Al-Enabled Customer Experience Management Platform, terhadap 1.000 konsumen pada 25 kategori dan 300 merek di Indonesia.

“Ketika sebuah bisnis menempatkan customer experience sebagai prioritas utama dan membuat konsumen merasa didengar dan dihargai, mereka akan dapat menikmati keuntungan yang berlipat. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen, dan merupakan indikator yang baik bahwa bisnisnya semakin bertumbuh,” ucap Rajiv Lamba, CEO SurveySensum.

Penelitian SurveySensum menunjukkan betapa pentingnya perusahaan memiliki interaksi yang baik dengan konsumen, selain proses transaksi yang lebih mudah. Pasalnya, konsumen saat ini ingin mendapatkan pengalaman yang menyeluruh, dan mudah dilakukan.

“Mereka juga memerlukan edukasi mengenai produk atau layanan yang mereka terima dan apa relevansinya untuk kehidupan pribadi mereka,” tuturnya.

Perusahaan yang dapat memahami konsumen mereka, dan memanfaatkan perkembangan digital, teknologi, dan analitik, dapat memperoleh kesempatan untuk mendekatkan diri dengan konsumen dalam hubungan personal yang lebih baik. Pada akhirnya hal ini dapat meningkatkan jumlah konsumen dan loyalitas mereka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top