Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bagaimana Cara Memotivasi Tim Anda dari Stres?

Stres adalah kondisi yang tak bisa dihindari saat bekerja. Pemimpin yang bijak harus memiliki kemampuan untuk memotivasi timnya dari stres tersebut.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  17:31 WIB
Ilustrasi stres - Reuters/Paul Hackett
Ilustrasi stres - Reuters/Paul Hackett

Bisnis.com, JAKARTA -- Tidak mungkin untuk menghilangkan stres sepenuhnya, dan sedikit stres sebenarnya bisa memicu sikap positif.

Bila anda seorang pemimpin, maka apa yang bisa dilakukan untuk memotivasi tim dari stres? Kuncinya adalah menciptakan lingkungan yang membantu karyawan Anda bekerja dan tetap produktif, bahkan di bawah keadaan yang sulit.

Seorang pemimpin yang baik dapat memotivasi tim yang memiliki semangat rendah dan dengan cepat. Para pemimpin baik, tahu secara naluriah bagaimana melibatkan dan memotivasi individu dan tim.

Mengutip dari Entrepreneur.com, ada empat langkah yang dapat Anda terapkan untuk memastikan Anda dan tim Anda berkembang, bahkan ketika stres.

1. Pelatihan manajemen waktu
Seberapa kuat keterampilan manajemen waktu Anda? Anda mungkin berharap memiliki lebih banyak jam dalam hari-hari Anda. Berita baiknya adalah Anda memiliki banyak alat yang siap digunakan. Anda dapat mengatur atau menjalankan pelatihan manajemen waktu untuk tim Anda.

Anda mungkin ingin meminta bantuan seorang ahli, kecuali jika Anda menganggap diri Anda cukup berkualitas.

Penting untuk membantu tim Anda, untuk mengevaluasi keterampilan manajemen waktu mereka dengan meminta mereka menilai berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk berbagai tugas setiap hari.

Cobalah untuk mengeluarkan toolkit lengkap dan memperkenalkannya pada to-do list, aplikasi kalender, dan alat-alat lain untuk tetap mengerjakan tugas. Pertimbangkan berinvestasi dalam perangkat lunak pelacakan waktu untuk memastikan bahwa tim Anda memiliki pemahaman yang sangat jelas tentang bagaimana mereka membagi waktu mereka.

Saat Anda mengajarkan anggota tim Anda keterampilan manajemen waktu yang penting, maka Anda memberdayakan mereka untuk mengendalikan waktu mereka. Mereka lebih termotivasi untuk mendekati pekerjaan mereka dengan lebih sedikit stres dan rasa keyakinan yang lebih kuat. Inilah saat kepemimpinan Anda benar-benar bersinar.

2. Delegasikan jika memungkinkan
Albert Einstein pernah berkata, “Hidup itu seperti mengendarai sepeda. Untuk menjaga keseimbangan Anda, Anda harus terus bergerak.”

Anggota tim Anda berkembang ketika mereka terus-menerus belajar. Ketika mereka belajar, mereka tetap termotivasi karena mereka memimpin hari yang lebih memuaskan.

Sebagai seorang pemimpin, cobalah untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin, membantu tim Anda tumbuh dan belajar. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah mendelegasikan tugas-tugas non-kritis Anda bila memungkinkan. Pastikan Anda memiliki waktu untuk melatih anggota tim dan memeriksa kemajuan mereka.

3. Dorong waktu liburan
Anggota tim Anda akan kehilangan motivasi jika mereka terlalu banyak bekerja atau kelelahan. Telomer mereka memendek, yang menyebabkan sel-sel mereka menua lebih cepat dan mati lebih muda.

Hasilnya terkadang menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada kesejahteraan mereka. Setiap orang membutuhkan waktu jauh dari pekerjaan. Penting untuk mendorong karyawan Anda mengambil waktu liburan.

Hal ini bisa dimulai dengan Anda. Anda harus mencontoh perilaku sehat. Anda juga harus mengelola harapan dan mengurangi beban kerja sehingga karyawan merasa nyaman mengambil cuti.

4. Prioritaskan komunikasi yang jelas dan konsisten

Setiap karyawan, pastinya selalu pemimpinannya. Penting bagi Anda sebagai pemimpin untuk berada di sana bagi mereka dan memiliki lapor-masuk yang konstan.

Anda harus memastikan mereka memahami apa anda harapkan dari mereka dan bagaimana mereka akan dievaluasi. Anggota tim Anda perlu tahu bagaimana pekerjaan mereka meluas ke tujuan perusahaan yang lebih luas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stres
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top