Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASLI RI Resmi Tercatat Sebagai Penyedia Teknologi IKD

Berdasarkan Surat Keputusan OJK tertanggal 18 Maret 2020, ASLI RI disebut telah memenuhi semua ketentuan dalam Peraturan OJK No. 13/2018 dan hukum yang berlaku sehingga dengan Tanda Bukti Tercatat ini, ASLI RI dapat menjalin kerja sama dengan Lembaga Jasa Keuangan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asli Rancangan Indonesia (ASLI RI) mengumumkan telah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyedia teknologi Inovasi Digital Keuangan (IKD) per 18 Maret 2020, dengan nomor Surat No S-130/MS.72/2020.

Berdasarkan Surat Keputusan OJK tertanggal 18 Maret 2020, ASLI RI disebut telah memenuhi semua ketentuan dalam Peraturan OJK No. 13/2018 dan hukum yang berlaku sehingga dengan Tanda Bukti Tercatat ini, ASLI RI dapat menjalin kerja sama dengan Lembaga Jasa Keuangan yang terdaftar dan/atau mendapat izin di Otoritas Jasa Keuangan.

Selanjutnya, ASLI RI harus mengikuti proses Regulatory Sandbox, suatu instrumen dan proses akreditasi formal, yang dipakai oleh OJK untuk menguji model bisnis, produk, layanan, dan teknologi yang digunakan oleh suatu perusahaan financial technology (fintech). 

ASLI RI adalah perusahaan rintisan Intelligent eKYC as-a-service yang menggunakan teknologi canggih berbasis AI Biometric Matching System untuk fraud prevention dan verifikasi/identifikasi jati diri seseorang yang sudah terbukti dan di implementasi di Lembaga Penegak Hukum di Indonesia seperti di Polri, BIN, BNN, dan BNPT. ASLI RI adalah perusahaan Biometric Security pertama di Indonesia yang bersertifikasi FIDO2 Server Certificate yang menggunakan model keamanan berbasis kriptografi, yang berarti produk tersebut telah memenuhi standar open banking Eropa, PSD2 dan juga The European GDPR (EU-GDPR) yang masing-masing adalah regulasi privasi data yang paling ketat saat ini.

"Buat kami, peristiwa ini menjadi pencapaian dan validasi menuju berkembangnya kepercayaan para pelaku perbankan, perusahaan pembiayaan dan fintek kepada ASLI RI sebagai penyedia solusi Intelligent eKYC as-a-service untuk membantu mereka dalam mengurangi risiko kredit dan mencegah terjadinya fraud didalam proses eKYC mereka. Service kami yang real-time ini pun dapat meningkatkan kepuasan nasabah karena proses yang instan dalam hitungan detik, otomatis tanpa human intervention, akurat dan yang terpenting adalah membantu meningkatkan inklusi keuangan" ujar Irjen. Pol. (Purn.) Arief Dharmawan selaku CEO dari ASLI RI dikutip dari siaran persnya.

Dia menjelaskan saat ini banyak Lembaga Jasa Keuangan mulai melakukan transformasi digital di bisnis prosesnya.

"Disinilah solusi dan kemampuan Intelligent eKYC dari ASLI RI akan membantu Lembaga Jasa Keuangan dalam mengambil keputusan yang lebih cepat dan akurat pada berbagai bidang, seperti fraud prevention, penjaminan, akuisisi pelanggan, manajemen pelanggan dan melakukan terobosan digital lainnya” ujar Robert Rompas, ex-banker yang mempunyai pengalaman lebih dari 30 tahun di dunia Perbankan, selaku Komisaris ASLI RI saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper