Facebook Luncurkan Program Pelatihan dan Pendanaan Komunitas

Facebook meluncurkan Community Accelerator, sebuah program enam bulan berupa pelatihan, mentoring, dan pendanaan bagi para pemimpin komunitas untuk membantu mereka mengembangkan komunitasnya.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 23 Maret 2020  |  15:17 WIB
Facebook Luncurkan Program Pelatihan dan Pendanaan Komunitas
Siluet kabel elektronik dengan logo facebook - Ilustrasi/Reuters/Dado Ruvic

Bisnis.com, JAKARTA - Membangun komunitas adalah inti dari misi Facebook dan para pemimpin komunitas menjadi perhatian utama dari misi ini. Penting bagi Facebook untuk terus mendukung orang-orang yang mendorong kemajuan, menyatukan berbagai kelompok orang, dan memimpin perubahan.

Facebook meluncurkan Community Accelerator, sebuah program enam bulan berupa pelatihan, mentoring, dan pendanaan bagi para pemimpin komunitas untuk membantu mereka mengembangkan komunitasnya.

Pemimpin komunitas yang terpilih akan belajar selama tiga bulan dari para pakar, pelatih dankurikulum yang telah disesuaikan untuk membuat rencana pertumbuhan komunitas dan caramencapai target mereka.

Selama tiga bulan berikutnya, mereka akan mematangkan dan melaksanakan rencana mereka dengan dana dan dukungan berkelanjutan dari jaringan mereka dan tim khusus yang disediakan sepanjang program ini. Lebih dari $3 juta akan dihibahkan kepada 80 peserta program ini.

Jika Anda menjalankan komunitas yang berdampak, mapan, siap berkembang menggunakan aplikasi Facebook, serta memiliki waktu dan semangat untuk mengikuti program ini, kami mengajak Anda untuk mendaftar.

Para pemimpin komunitas dari salah satu negara yang dipilih untuk mengikuti program ini, termasuk negara di mana salah satu aplikasi Facebook tidak tersedia, juga diundang untuk mendaftar.

Community Accelerator adalah bagian dari Facebook Community Leadership Program, sebuah inisiatif global yang berfokus untuk membantu orang-orang untuk membangun komunitas, termasuk:

• Community Accelerator yang berkomitmen untuk memberikan jutaan dolar guna mendukung orang-orang yang menciptakan dan memimpin komunitas. Ini adalah evolusi dari program Fellowship, yang mendukung 115 pemimpin dari berbagai penjuru dunia.

Secara keseluruhan, proyek mereka memberikan dampak bagi lebih dari 1,9 juta jiwa melalui dukungan komunitas online, penggunaan sumber yang bermanfaat dan aktivitas lain yang dapat terselenggara

berkat program ini.

Hal ini termasuk pemimpin seperti Latasha Morrison, yang mendorong terciptanya dialog yang sehat mengenai ras, dan Noah Nasiali yang memberikan informasi pertanian yang tepercaya, andal, dan mudah diterapkan bagi para petani di Afrika.

• Learning Labs yang mengumpulkan para admin grup dengan tujuan yang sama dalam sesi pembelajaran terstruktur di ruang kelas digital yang kolaboratif.

• Grup Power Admin yang mengumpulkan lebih dari 40.000 pemimpin komunitas untuk saling

berbagi saran dan menjalin hubungan dengan tim kami untuk menguji fitur baru dan menyampaikan masukan.

• Hub Komunitas, tempat bagi semua orang untuk mengakses edukasi tentang produk dan belajar lebih banyak tentang program kami. Di hub ini tersedia banyak tips dan fitur untuk merintis, mengelola, dan mengembangkan komunitas.

"Selain itu, kami tahu bahwa mengembangkan grup secara lebih efisien dan mengelola percakapan merupakan bagian penting dari tugas seorang pemimpin komunitas. Itu sebabnya kami merancang fitur baru untuk membantu mereka menambahkan anggota baru dan memoderasi percakapan di grup

mereka," tutur John Cantarella, VP of Social Good and Community Partnerships Facebook dalam siaran resmi yang diterima Bisnis, Senin (23/3/2020).

Facebook membuat peningkatan dalam cara pengelolaan permintaan keanggotaan baru oleh admin grup, termasuk:

• Lebih banyak opsi format pertanyaan keanggotaan, seperti pertanyaan pilihan ganda satu jawaban dan pertanyaan dengan lebih dari satu jawaban yang disampaikan dengan mencentang kotak.

• Persetujuan secara otomatis untuk permintaan keanggotaan berdasarkan syarat, misalnya kota tempat tinggal saat ini, menjawab semua pertanyaan keanggotaan, memiliki teman di grup tersebut, dan sudah memiliki akun Facebook untuk jangka waktu tertentu.

• Filter lainnya, seperti calon anggota yang sudah menjawab semua pertanyaan keanggotaan,

opsi lainnya dalam filter “Tanggal Bergabung di Facebook”, apakah mereka memiliki foto profil atau tidak, dan kemampuan untuk membuat dan menyimpan kombinasi filter tertentu yang sering digunakan.

Moderasi konten - Untuk memudahkan admin melihat postingan penting dan mencari konten

tertentu, kami menambahkan:

• Peringatan Kata Kunci agar admin dapat membuat daftar kata dan frasa khusus, dan mereka akan menerima notifikasi jika kata dan frasa tersebut muncul di grup, sehingga mereka dapat dengan mudah mengenali dan menanggapi konten yang perlu segera diperhatikan.

• Topik postingan untuk membantu admin dan anggota mencari semua konten yang relevan tentang topik tertentu dalam grup dengan cepat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
facebook

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top