Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Jualan Laku di Bulan Ramadan dan Penyebaran Corona

menjalankan bisnis di saat Ramadhan dan pandemik virus corona baru atau COVID-19 bisa menjadi peluang bagus mendulang rupiah, asalkan mempertimbangkan sejumlah hal
Pasar Ramadan. /Antara
Pasar Ramadan. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang ramadan, banyak pedagang khawatir jika jualannya akan sulit terjual di tengah pandemi virus corona.

Tetapi, menjalankan bisnis di saat Ramadhan dan pandemik virus corona baru atau COVID-19 bisa menjadi peluang bagus mendulang rupiah, asalkan mempertimbangkan sejumlah hal.

Head of Marketing di Facebook Indonesia, Hilda Kitti menekankan pentingnya memperlihatkan bisnis yang Anda bangun peduli pada konsumen Anda.

"Tunjukkan bisnis peduli sama konsumen. Alangkah baik pas marketing, dilakukan jangkau semua layar, di handphone, berbagai channel mobile platform. Pikirkan sinerginya," kata dia dalam Facebook Live : 2020 Ramadan Insight di Jakarta, Kamis seperti dikutip Antara.

Kemudian, untuk menjadi bagian yang penting dalam percakapan dengan pelanggan, perhatikan bagaimana mereka yang menjalani Ramadhan, menggunakan perangkat mobile untuk terhubung, mencari hiburan, mencari sesuatu dan berbagi. Intinya, berfokus pada tema.

Survei menunjukkan, 71 persen responden memasak makanan di rumah untuk sahur dan berbuka puasa, lalu 52 persen mengaku menghabiskan waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga.

Dalam hal konsumsi, 53 persen responden setuju Ramadhan momen untuk membeli busana baru, sekaligus membeli hadiah untuk teman atau keluarga (46 persen). Selain itu, 67 persen responden juga mengatakan Ramadhan momen memberikan donasi atau sumbangan.

Hal ini memberikan peluang bagi bisnis untuk menciptakan ide-ide terbaik, produk yang paling bermanfaat, atau tips penting selama momen Ramadhan.

"Kuncinya adalah bahwa Ramadan merupakan momen spiritual yang sangat penting dan banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan perangkat mobile untuk mendukung ritual keagamaan mereka pada momen tersebut," tutur Hilda.

Untuk jenis produk yang diprediksi banyak diburu konsumen saat Ramadhan, Hilda mengatakan produk makanan, minuman, fesyen dan alat kesehatan.

"Fesyen mungkin masih tetap banyak karena walau di rumah pasti ingin merayakan Idul Fitri. Ada peningkatan signifikan untuk produk berbau kesehatan karena banyak narasi beredar untuk menjaga kesehatan," kata dia.

Saat ini, media sosial salah satunya Facebook bisa Anda manfaatkan untuk melakukan kegiatan usaha, antara lain melalui fitur Facebook Business dan training online yang menyediakan beragam topik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper