Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dampak Virus Corona: Xendit Beri Tunjungan Bagi Ratusan UMKM

Pandemi virus corona (Covid-19) memberikan dampak pada ekonomi domestik, juga kepada pelaku UMKM.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  20:19 WIB
Perajin minuman jamu, Rizki Murtikasari, memproduksi jamu di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sejahtera Jaya, Simbangdesa, Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (8/11/2019). - ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Perajin minuman jamu, Rizki Murtikasari, memproduksi jamu di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sejahtera Jaya, Simbangdesa, Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (8/11/2019). - ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Xendit, startup teknologi finansial penyedia solusi pembayaran, siap mendukung dan memberi tunjangan kepada sekitar 200 UMKM demi memastikan kelangsungan bisnis mereka di tengah pandemi Covid-19 yang kian merebak.

Tessa Wijaya COO dan co-founder dari Xendit mengatakan, inisiatif yang diberi nama “Xendit Business For Good” diluncurkan karena pihaknya melihat banyak bisnis yang mengalami hambatan akibat wabah Covid-19.

Apalagi dengan adanya kebijakan social distancing, bekerja dari rumah, dan naiknya harga kebutuhan sehari-hari yang mengubah dinamika ekonomi dunia sehingga menyebabkan berbagai bisnis melambat. Bahkan, sebagian lainnya tidak dapat selamat melewati kondisi ekonomi ini.

Namun, sambungnya, masih ada beberapa bisnis yang sebetulnya masih dapat tetap berjalan pada masa krisis ini dengan go-digital. Situasi ini juga menunjukan pentingnya metode pembayaran online agar keberlangsungan layanan non-fisik dapat berjalan dengan mulus.

“Kami mengerti bahwa banyak bisnis yang sedang mengalami kesulitan dengan adanya wabah virus corona ini. Maka dari itu, Xendit ingin membantu di saat dan di mana kami bisa. Kami tahu bahwa sedikit dukungan finansial dapat membawa dampak yang besar. Dengan inisiatif ini kami berharap kami dapat meringankan beban bisnis lokal dan terus mendukung mereka,” ujarnya, dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (29/3/2020).

Tessa mengatakan bahwa Xendit Business for Good ini akan memberikan tunjangan untuk 100 bisnis yang terpilih. Tidak hanya itu, Xendit juga memberikan dukungan finansial berbunga rendah kepada UMKM dan pebisnis hingga 100 perusahaan.

Program ini, sambungnya, tidak terbatas pada sektor industri tertentu sehingga dapat diikuti oleh pelaku umkm dari berbagai sektor, yang terpenting memenuhi syarat telah beroperasi selama lebih dari 3 bulan.

Terdapat dua dukungan finansial yang diberikan melalui program ini, pertama, Business for Good berupa Tunjangan (Grant), yaitu membantu bisnis untuk merambah ke digital dan mulai menerima pembayaran secara online dalam beberapa hari kerja. Melalui dukungan ini, penerima dapat mengaktifkan berbagai metode pembayaran, dan tidak ada biaya untuk transaksi yang dilakukan selama satu bulan.

Kedua, Business for Good berupa dukungan finansial (Financial Support), yaitu Xendit menyediakan dukungan finansial modal kerja yang dapat digunakan untuk menutupi biaya operasional termasuk kebutuhan payroll.  Penerima dukungan ini menikmati bunga dukungan finansial yang rendah yang dapat digunakan untuk menutupi biaya operasional, serta pembiayaan cepat dan fleksibel

Mulai dari 20 Maret 2020, bisnis-bisnis tersebut dapat langsung melakukan pendaftaran untuk program tunjangan dan dukungan finansial. Tim Xendit akan menghubungi klien untuk mereview proses aplikasi mereka setelah pengajuan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm StartUp Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top